Bentuk Dewan Pengawas KPK, Jokowi Saring Figur yang Pas

Klik untuk perbesar
Presiden Jokowi (Foto: Instagram Jokowi)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menerangkan, proses pemilihan anggota Dewan Pengawas KPK masih berjalan. Saat ini, proses tersebut baru sampai tahap penyaringan.

 "Kita kan ini masih dalam proses penyaringan oleh tim internal di Setneg. Jadi, belum ada proses finalisasi," ujar Jokowi saat berbincang dengan wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (2/12).

Berita Terkait : Akan Evaluasi KPK, Jokowi: Agar Tidak Sporadis

Jokowi memastikan, dirinya ingin memilih orang yang memiliki track record alias rekam jejak dan integritas yang baik untuk mengisi Dewan Pengawas KPK. Orang tersebut harus memiliki pengalaman di bidang hukum pidana.

"Juga mungkin yang berkaitan dengan audit pemeriksaan. Misalnya untuk sebuah pengelolaan keuangan yang penting," terang Jokowi. "Ya nanti dilihat figur-figurnya," tambahnya.

Berita Terkait : Resmikan Pabrik Chandra Asri, Jokowi Targetkan Impor Petrokimia Bisa Disetop

Jokowi masih menerima masukan-masukan dalam proses pemilihan ini. Masih ada waktu. "Proses masih berjalan. Kita masih anu, kan masih tanggal 20-an kan," tandasnya. 

Memang masih ada waktu yang tersedia untuk pembentukan Dewan Pengawas KPK ini. Pelantikan Dewan Pengawas akan dilakukan berbarengan dengan pelantikan pimpinan KPK jilid V pada 20 Desember mendatang. [OKT]