Asyik, Tol Japek II Gratis Di Libur Natal Dan Tahun Baru

Klik untuk perbesar
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Foto: Istimewa

RMco.id  Rakyat Merdeka - Kemacetan yang mengular di Tol Jakarta-Cikampek kemungkinan akan berkurang drastis pada libur Natal dan tahun baru kali ini. Soalnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membuka gratis jalan tol layang Jakarta-Cikampek (Japek II) pada 15 Desember. Hal ini berlaku gratis hingga libur Natal dan tahun baru usai.

Hal ini diutarakan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Jakarta, Senin (02/12). Menurutnya, kebijakan itu diharapkan dapat mengurangi kepadatan kendaraan.

"Jalan tol akan membantu banyak. Elevated Cikampek akan kita buka 15 Desember, berlaku gratis sampai libur habis sesuai aturan, saya ikuti saja. Dan hanya untuk golongan satu, kendaraan yang kecil-kecil saja," jelas Menteri Basuki seperti dikutip Antara.

Berita Terkait : Angkasa Pura II Pede Sambut Musim Natal Dan Tahun Baru

Ia menambahkan pihaknya akan berkoordinasi dengan Korps Lalu Lintas Polri (Korlantas) agar kebijakan itu dapat dimonitor dan berjalan dengan tertib.

"Jalan tol layang Japek itu akan diatur Korlantas," ucapnya.

Sebelumnya, Badan Pengatur Jalan Tol atau BPJT Kementerian PUPR menyatakan target operasional Tol layang Jakarta-Cikampek atau Japek Elevated tetap berjalan sesuai rencana pada saat liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Berita Terkait : Jasa Raharja Siapkan Mudik Gratis, Nggak Pakai Ribet

Danang mengatakan, saat ini tinggal mendorong untuk melakukan pra uji laik fungsi (ULF), kemudian kontraktor proyek tol tersebut berjanji pada akhir bulan ini yakni awal pekan keempat konstruksi sudah selesai.

"Jadi setelah kontraktor selesai, tinggal serah terima pekerjaan sementara atau provisional hand over (PHO) kepada badan usaha. Setelah serah terima, kita melakukan uji layak fungsi," katanya.

Mudah-mudahan, lanjutnya, dalam satu atau dua pekan uji layak fungsi sudah selesai dan bisa dioperasikan mungkin sekitar tanggal 15 Desember atau pekan ketiga, yang jelas sebelum libur Natal dan Tahun Baru. [KRS]