Dunia Penerbangan Indonesia Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0

Terminal Operation Center, Bandara Soekarno-Hatta (Foto: Humas Kemenhub)
Klik untuk perbesar
Terminal Operation Center, Bandara Soekarno-Hatta (Foto: Humas Kemenhub)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Dunia telah menghadapi revolusi industri 4.0, konsep automisasi oleh mesin tanpa tenaga manusia dalam pengaplikasiannya. Revolusi ini mengefisiensikan waktu, tenaga, dan biaya.

Industri penerbangan Indonesia saat ini juga telah mengadopsi revolusi industri 4.0. Antara lain melalui transformasi digital layanan terhadap pelayanan dan keamanan bagi para penumpang dan stakeholder terkait, di Bandara Soekarno Hatta.

Terkait hal ini, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B Pramesti mengapresiasi terobosan yang dilakukan Bandara Soekarno Hatta, sebagai bandara terbesar di Indonesia dan salah satu bandara yang masuk dalam urutan 18 kategori bandara tersibuk di dunia tahun 2018.

“Kami mengapresiasi perubahan besar yang telah dilakukan Bandara Soekarno Hatta atas transformasi melalui digitalisasi pelayanan dan keamanan industri penerbangan. Semua hal ini dilakukan untuk mengikuti perkembangan teknologi, yang berkembang sangat cepat di dunia saat ini,” ujar Polana.

Baca Juga : Ultah Ke-73, Megawati Tidak Berani Pesta Pora

Bandara Soekarno Hatta diharapkan dapat menjadi role model untuk bandara lain, sehingga dapat mengikuti transformasi digitalisasi yang telah diterapkan.

“Kami mendorong tidak hanya Bandara Soekarno Hatta yang bertransformasi untuk menghadapi revolusi 4.0. Kami berharap, bandara-bandara lain juga dapat mengikuti terobosan yang telah dilakukan Bandara Soekarno Hatta. Terutama, bandara-bandara besar yang ada di Indonesia,” tutur Polana.

Bandara Soekarno Hatta telah menerapkan transformasi digital untuk aspek pelayanan dan operasional, di antaranya:

Airport Operation Control Center

Gedung AOCC (Foto: Humas Hubud)

Baca Juga : Begini Solusi KADIN Atasi Minimnya Dana Subsidi Program Sejuta Rumah

Gedung AOCC terletak di komplek Bandara Soekarno Hatta Personel yang bertugas di Gedung AOCC berasal dari Otoritas Bandara Wilayah I Soekarno Hatta, PT. Angkasa Pura II, Bea dan Cukai serta seluruh stakeholder penerbangan di wilayah Soekarno Hatta.

Terminal Operation Center (TOC)

TOC yang terletak di seluruh terminal di Bandara Soekarno Hatta, adalah pos komando untuk memantau unit operasional, keamanan dan pelayanan berjalan dengan baik.

Self Boarding Gate

Baca Juga : Yasonna Disamain Sarumpaet

Bandara Soekarno Hatta telah menyediakan self boarding gate di Terminal 3 Soekarno-Hatta, agar operasional maskapai dapat lebih efisien dan efektif. Nantinya, akan semakin bertambah lagi pelayanan digital yang diterapkan di Bandara Soekarno Hatta. [HES]