RMco.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan kereta api (KA) bandara yang menghubungkan Stasiun Solobalapan dengan Bandara Adi Soemarmo Boyolali, Jawa Tengah sudah siap beroperasi. 

Hal ini diutarakan BKS, sapaan akrab Menteri Budi Karya, saat meninjau ke Bandara Adi Soemarmo. "KA Bandara dari Balapan (Stasiun Solobalapan) ke Adi Soemarmo sudah siap 100 persen," kata Budi Karya, Sabtu (28/12).

Ia mengatakan peluncuran awal akan dilakukan pada Minggu (29/12) dan akan dilakukan pengoperasian secara terbatas.

Berita Terkait : Menteri Sosial Di-back Up DPR

"Mungkin pengoperasian setiap satu jam. Pak Dirut (Direktur Utama PT KAI) sudah kasih gratis untuk dua bulan," katanya.

Mengenai KA Bandara tersebut, pihaknya ingin ke depan bisa menjadi contoh integrasi antarmoda. Dengan demikian, dikatakannya, masyarakat tidak perlu berkeliling dulu untuk bisa sampai ke bandara dari stasiun.

"Orang dari Wonogiri, dari Madiun yang turun ke Terminal Tirtonadi maupun Stasiun Solobalapan bisa langsung ke bandara. Tidak perlu ke mana-mana lagi," katanya.

Berita Terkait : Kemenhub Libatkan Kampus Kaji Kebijakan Transportasi di Masa Pandemi

Ia mengatakan transportasi terintegrasi tersebut juga merupakan wujud komitmen pemerintah untuk menjadikan kawasan wisata Borobudur sebagai Bali Baru.

"Jadi kami buat cincin, di antaranya menghubungkan Solo, Semarang, Cirebon, Jogja. Turis bisa 'landing' (mendarat) di Adi Soemarmo setelah itu naik KA lagi ke Jogja," katanya.

Sementara, Direktur Utama PT KAI (Persero) Edi Sukmoro mengatakan sejauh ini ada dua armada yang dioperasikan untuk KA Bandara. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan ke depan jumlah armada akan ditambah lagi.

Baca Juga : Dubes India Kumar Rawat Temui Sekjen DPR Bahas HUT Gandhi

"Sementara ini dua kereta. Nanti dipertimbangkan dari bandara (Adi Soemarmo) ke Jogja. Selain itu, untuk memastikan kelancaran operasi, dari sisi keamanan akan kami berikan penjagaan terutama di perlintasan sebidang," katanya. [KRS]