Masih Nol Rupiah, KA Bandara Solo Resmi Beroperasi

KA Bandara Adi Soemarmo (Foto: BKIP Kemenhub)
Klik untuk perbesar
KA Bandara Adi Soemarmo (Foto: BKIP Kemenhub)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Kereta api (KA) Bandara Adi Soemarmo, Solo resmi beroperasi pada hari ini. Kereta ini akan membawa penumpang dari Stasiun Solo Balapan di Solo, menuju Stasiun Bandara di Boyolali, Jawa Tengah, sejauh 13,5 km.

Dalam akun Instagramnya, Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatakan, KA ini diharapkan mampu menjadi moda alternatif untuk menuju ke bandara.

Berita Terkait : BKS Minta Keselamatan Pelayaran Ditingkatkan

KA ini akan melaju kurang dari 30 menit. Dari Stasiun Solo Balapan menuju Stasiun Bandara memakan waktu 19 menit. Sedangkan untuk rute sebaliknya, kereta berkapasitas 380 penumpang itu, butuh waktu 27 menit.

Sementara itu, headway atau waktu tunggu antar kereta yaitu 40 menit. Kereta pun tersedia setiap hari. Sampai Februari 2020, tiket kereta hanya Rp 0 rupiah alias gratis.

Berita Terkait : Cek Program Tol Laut, BKS Sidak Ke Pelni Surabaya

Peluncuran KA Bandara Adi Soemarmo menambah daftar kota yang telah memiliki kereta bandara. Sebelumnya, kereta bandara telah lebih dulu hadir di Bandara Soekarno Hatta, Banten, Bandara Kualanamu, Sumatera Utara; Bandara Minangkabau, Sumatera Barat, dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II di Sumatera Selatan.

Sabtu (28/12), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi atau BKS sudah meninjau proyek jalur KA Bandara Adi Soemarmo-Stasiun Balapan.

Berita Terkait : Siang Ini, BKS Cek Kesiapan Infrastruktur Transportasi di Labuan Bajo

BKS juga ikut menjajal KA Bandara yang beroperasi sementara dari Stasiun Solo Balapan menuju ke Stasiun KA Bandara Adi Soemarmo, Boyolali pada Sabtu (28/12).

"Proyek ini sudah selesai dikerjakan. Besok Minggu, 29 Desember 2019, KA Bandara ini akan dioperasikan secara terbatas," kata BKS. [HES]