Saudi Larang Masuk Jamaah Umroh, Kemenhub: Sejauh Ini Masih Normal

Adita Irawati
Klik untuk perbesar
Adita Irawati

RMco.id  Rakyat Merdeka - Dampak meluasnya virus corona membuat Pemerintah Arab Saudi melakukan upaya pencegahan. Salah satunya menutup sementara semua perjalanan umroh, termasuk kunjungan ke Masjid Nabawi di Madinah. 

Indonesia menjadi salah satu negara yang dilarang berkunjung ke Arab Saudi. Bukan hanya itu, dalam keterangan yang dimuat Kementerian Luar Negeri Arab Saudi, di Twitter, Kamis (27/2) dini hari, pemerintah juga menunda izin masuk turis dari negara-negara yang penyebaran corona di negerinya sudah berbahaya.

Berita Terkait : Menag Upayakan Perpanjangan Visa Calon Jemaah yang Gagal Umroh

“Menunda izin masuk ke kerajaan dengan visa turis dari negara-negara yang virus corona (COVID-19) telah menyebar dengan berbahaya, sesuai dengan kriteria dari otoritas kesehatan yang kompeten di kerajaan," tulis pemerintah dalam keterangan tersebut.

Staf Khusus Bidang Komunikasi Menteri Perhubungan, Adita Irawati mengatakan, informasi mengenai penangguhan masuknya warga non Arab Saudi untuk tujuan umroh sejauh ini masih dikoordinasikan dengan Kementerian Agama dan Kementerian Luar Negeri.

Berita Terkait : Demi Keamanan Umrah Stop Saja

Sebab, penerbangan umroh sangat terkait dengan kebijakan di kedua kementerian tersebut. 

Adita mengatakan, belum ada penerbangan ke Arab Saudi yang ditunda dari Indonesia.

Berita Terkait : Pemerintah Upayakan WNI yang Sudah Mendarat di Saudi Bisa Laksanakan Umroh

“Saat ini dari pantauan kami penerbangan umroh masih berjalan seperti biasa, sambil menunggu keputusan lebih lanjut," katanya kepada Rakyat Merdeka, Kamis (27/2).[KPJ]