Soal Anggaran, Menpora Minta Jajarannya Kedepankan Prinsip Transparansi dan Akuntabel

Menpora Zainudin Amali saat memberikan arahan kepada pegawai Kemenpora soal penggunaan anggaran di Jakarta. (Foto : Kemenpora)
Klik untuk perbesar
Menpora Zainudin Amali saat memberikan arahan kepada pegawai Kemenpora soal penggunaan anggaran di Jakarta. (Foto : Kemenpora)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Menpora Zainudin Amali meminta jajarannya untuk lebih cepat dalam hal pelayanan publik dengan tetap menjunjung prinsip transparansi dan akuntabel.

Hal itu Menpora sampaikan saat memberikan arahan pada acara Sosialisasi Mekanisme Pencairan Anggaran Tahun 2020 di Ballroom Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (27/2) pagi.

Berita Terkait : Menpora Harap BKPRMI Berinovasi Mengembangkan Potensi Pemuda Masjid

Menpora meminta di tahun anggaran 2020 semua yang bisa dibelanjakan diawal tahun bisa segera dilakukan agar tidak menumpuk di akhir tahun.

Menurutnya, sebelum DIPA ditetapkan ada pra-DIPA untuk dapat segera dilaksanakan. "Jika kecepatan pelayanan masih seperti ini maka kelas kementerian kita tidak akan naik jika ada masalah dipencairan segera bicarakan dengan atasan langsung harus pro-aktif jangan didiamkan," kata Menpora didampingi Sesmenpora Gatot S Dewa Broto dalam pernyataan tertulisnya.

Berita Terkait : Menpora : Kompetisi Yang Baik Akan Mempengaruhi Prestasi Timnas

Menurutnya, prinsip transparansi dan akuntabel menuju good government sangat penting agar grade kementerian naik. "Saya menghimbau kepada kita semua ayo kita bangkit sama-sama kita kerjakan tanggungjawab kita sebagai ASN dan sebagai warga negara saya minta terutama yang berkaitan dengan pelayanan publik tolong dipercepat jika ada hambatan segera bicarakan, dengan tetap transparansi dan akuntabel," pesannya.

Menteri kelahiran Gorontalo ini juga meminta adanya pendampingan terkait bantuan-bantuan untuk cabang-cabang olahraga dan OKP. "Khusus untuk bantuan kepada cabor tolong didampingi beritahu cara yang benar konsultasi dengan BPK agar cepat, jangan ada niat diperlambat tolong di tahun 2020 serapan dan kualitas serapannya harus ditingkatkan dengan demikian maka yang akan merasakan manfaatnya juga kita semua," tutur Menpora.

Berita Terkait : Menpora Apresiasi Polri Ikut Membina Olahraga di Indonesia

Menpora berharap melalui sosialisasi ini tidak ada lagi peserta yang tidak tahu dan tidak faham. "Melalui sosialisasi ini tolong sampai detail jadi tidak ada alasan satker-satker kita yang tidak tahu atau bingung begitu ada masalah koordinasikan jangan didiamkan dan komunikasi kita dengan berbagai pihak harus semakin tingkatkan semoga perhatian para mitra juga akan semakin baik," tutup Menpora.

Turut hadir pada acara Sosialisasi Mekanisme Pencairan Anggaran 2020 para Pejabat Eselon I,II,III, para Staf Khusus dan para Tenaga Ahli Menteri, para narasumber dari Kepala KPPN Jakarta III Ariyanto Sujadmono, Kepala Kanwil DjPb DKI Jakarta Rita Susilowati dan Ade Indrawan. [IPL]