RMco.id  Rakyat Merdeka - Indonesia menjadi salah satu negara yang kebal terhadap virus corona. Apa rahasianya? Wakil Presiden, KH Ma’ruf Amin mengatakan, salah satunya karena doa qunut.

Pernyataan Ma’ruf itu disampaikan saat membuka Kongres Umat Islam Indonesia ke­ VII di Bangka Belitung, Rabu Malam, (26/2). Dalam kesem­patan itu, ia mengapresiasi peran seluruh pihak dalam menjaga Indo­nesia dari ancaman wabah virus asal Wuhan itu.

Tidak terkecuali peran ulama. Doa ulama yang selalu membaca qunut, menurut Ma’ruf punya andil besar, sehingga Indonesia hingga kini masih terhindar dari virus corona.

Untuk diketahui, qunut adalah doa yang biasanya dibacakan setelah ru­ku’ raka’at kedua shalat subuh. Doa qunut biasanya dilakukan warga Nahdlatul Ulama (NU). Sedangkan Muhammadiyah tidak.

Berita Terkait : Pak Kiai, Kapan Mau Blusukan?

Ma’ruf mengaku, sering membaca doa qunut. Menurut dia, doa ini diyakini dapat menjauhkan bala, bahaya, dan wabah­ penyakit. “Makanya corona minggir di Indonesia,” kata Ma’ruf, yang juga mantan Rais Aam NU itu.

Selain doa qunut, Ma’ruf secara khu­sus memuji kinerja Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Menurutnya, kerja keras Terawan sejauh ini dinilai berhasil menghalau masuknya virus Corona ke Indonesia. “Beliaulah (Terawan) penjaga gawangnya,” tunjuk Ma’ruf.

Padahal, lanjut Ma’ruf, banyak nega­ra lain sudah terpapar virus mematikan ini. Mulai dari China, Jepang, Amerika Serikat, Singapura dan negara lainnya. “Tadi kata Pak Menteri, berkat doa kiai dan ulama juga yang melakukan istighosah,” sambungnya.

Ia berharap, kerja sama dari berba­gai pihak terus dijalin dengan baik. Agar virus corona tidak bisa menem­ bus masuk ke Indonesia. “Mudah­ mudahan kondisi ini terus dijaga dan tidak ada (Corona) yang masuk,” harap Ma’ruf.

Baca Juga : Dukung Program PEN, Mandiri Salurkan Rp 119,6 Miliar Untuk UMKM di Jakarta

Warganet ikut komentari pernyataan Ma’ruf soal doa qunut. Akun @bgos­ marya menanggapi positif pernyataan Ma’ruf. Ia sependapat, doa qunut yang dibaca Nahdliyin telah berperan besar bagi kesehatan rakyat Indonesia. “Yang qunut NU, yang lain dapat berkah sehat tanpa virus corona,” dukungnya. “Aku sebagai warga NU yang hoream qunut apakah ada kemungkinan bisa terkena Corona,” tanya @nrrlla.

Sementara akun @aphakabar meng­usulkan agar doa qunut ini bisa ikut dibacakan ke daerah sumber virus corona, di Wuhan, China. “Berarti bapak wapres memimpin bacaan doa qunut ke Wuhan aja pak. Sekaligus membuktikan “Ini lho doanya” gimana pak?,” usulnya. “God, thank you. Dear Netizen mari kita belajar doa Qunut dan beribadah bersama agar kelak diberi pemimpin yg lebih rasional,” pinta @murryas.

“Maaf nih saya muhammadiyah gak baca doa qunut. trus saya gak bisa se­lamat dari Corona gitu?,” respons @ beeacy. “Gw sumpah kagak tau baca­ annya bijimana Pas gw tanya Abang gw, gosah diapalin katanya. Apakah saya akan terkena Corona pakbud?!,” kicau @bapakmu_mana.

Akun @KatolikG, yang tidak bisa baca qunut meminta tolong kepada akun @NUgarislucu, sebab Paus Francis dikabarkan sakit, di saat virus Corona tengah mengganas di Italia. Pemimpin Gereja Katolik tertinggi di dunia mengalami batuk dan ber­ sin­bersin sehari setelah memberi dukungan kepada petugas kesehatan yang merawat pasien virus Corona.

Baca Juga : Polri Bantah Status Djoko Tjandra Sebagai Konsultan Korwas PPNS Bareskrim

“Gus @NUgarislucu mohon di­ bantu untuk doakan pemimpin kami dengan doa Qunut. Semoga beliau dijauhkan dari Virus Corono dan kembali beraktivitas,” pintanya, yang kemudian di­retweet oleh @Nugaris­ lucu. [SAR]