RMco.id  Rakyat Merdeka - Lebaran masih tiga bulan lagi. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sudah mulai buka pendaftaran mudik gratis sepeda motor menggunakan kereta api (KA) ke berbagai daerah tujuan mudik.

Untuk tahun ini, Kemenhub meningkatkan kuota angkutan motor gratis dengan KA pada masa angkutan Lebaran 2020 menjadi 19.136 sepeda motor. Pada periode yang sama tahun lalu kuota mudik gratis ini sebanyak 18.096 sepeda motor.

Adapun pendaftaran angkutan motor gratis dengan KA pada  Lebaran 2020 sudah dibuka sejak 26 Februari 2020. "Pada 2019 kuota angkutan motor gratis berjumlah 18.096 unit motor sedangkan tahun 2020 kuota yang disediakan 19.136 motor," kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kemenhub Danto Restyawan di Jakarta, Selasa (3/3). 

Baca Juga : Sidak Bandara Soetta, BKS Cek Protokol Kesehatan

Danto menegaskan, biaya gratis hanya diberlakukan untuk pengangkutan motor. Sedangkan, pemilik motor harus membeli tiket KA.

Dengan begitu, terdapat kepastian pemilik sepeda motor juga mudik menggunakan kereta api.  Dia menambahkan, anggaran penyelenggaran angkutan motor gratis sepenuhnya ditanggung pemerintah dengan nilai kontrak masa angkutan Lebaran tahun ini sekitar Rp 22 miliar.

 "Untuk pendaftaran dari tahun ke tahun menggunakan aplikasi yang semakin diperbaharui. Selain itu, pada tahun ini pengambilan motor di wilayah Jabodetabek bisa diambil di stasiun tempat pendaftaran berbeda dengan tahun lalu yang harus diambil ke Stasiun Jakarta Gudang," ujarnya.

Baca Juga : Minta Makzulkan Jokowi Dan Bubarkan PDIP, Tuntutan Pendemo RUU HIP Salah Sasaran

Danto menuturkan pendaftaran angkutan motor gratis dapat dilakukan secara online melalui laman resmi mudikgratis.dephub.go.id.

Pendaftaran juga bisa langsung di stasiun yang ditunjuk di wilayah Jabodetabek dan Bandung mulai tanggal sejak 26 Februari - 28 April 2020 di antaranya di Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Bekasi, Stasiun Jatinegara, Stasiun Kemayoran, Stasiun Cikarang, Stasiun Depok Baru, Stasiun Tangerang, Stasiun Cimahi, dan Stasiun Kiara Condong.

Untuk arus balik dapat mendaftar mulai 16 Maret - 28 April 2020. Pendaftaran dapat dilakukan di Stasiun Semarang Tawang, Surabaya Pasar Turi, Mojokerto, Madiun, Purwosari, dan Lempuyangan. [KPJ]