Basarnas Punya 2 Kapal Baru, Ini Kelebihannya

Kapal Baru Basarnas. (Foto: ist)
Klik untuk perbesar
Kapal Baru Basarnas. (Foto: ist)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Marsekal Madya (Marsdya) TNI Bagus Puruhito meresmikan dua unit kapal Basarnas. Kapal berukuran panjang 66 meter itu diberi nama Kapal Negara (KN) SAR Wisnu 103 dan KN SAR Kamajaya 104.

Peresmian kapal berlangsung di Pelabuhan Jakarta International Container Terminal (JICT) 2, Tanjung Priok, Selasa (3/3). Kedua kapal  dilengkapi  peralatan SAR modern, diantaranya Remotely Operate Vehicle (ROV), Multibeam Echosaunder (MBES), Side Scan Sonar, dan System Dinamic Position Zero (SDPZ). 

Baca Juga : PSG Larang Kylian Mbappe Masuk Tim Olimpiade

Kapal yang dilengkapi hellydeck itu memiliki tangki BBM berkapasitas 500 ribu liter dan air tawar sebesar 100 ribu liter sehingga dapat mensuplay kapal-kapal yang terlibat dalam operasi SAR.

Kabasarnas berharap, keberadaan kedua kapal tersebut dapat mengoptimalkan penyelenggaraan operasi SAR sehingga lebih efektif dan efisien. “Penguatan armada di perairan ini relevan karena penanganan operasi SAR dapat berjalan lebih lama.” 

Baca Juga : Kereta Cepat Disetop Dulu, Ini Permintaan BKS Ke KCIC

Ditambahkan, selain untuk keperluan operasi SAR, armada kapal baru itu juga dapat digunakan sebagai kapal suplay dan komando pengendalian (kodal) pelaksanaan operasi SAR. “Ini berkaitan dengan response time pelaksanaan operasi di lapangan. Kami sebagai representasi pemerintah hadir dan bekerja profesional, sinergi, dan militan untuk melayani masyarakat,” tegasnya. [GPG]