Mulai Besok, Wisma Atlet Kemayoran Jadi RS Darurat Corona

Wisma Atlet Kemayoran. (Foto: Istimewa)
Klik untuk perbesar
Wisma Atlet Kemayoran. (Foto: Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Selain menggelar rapid test, pemerintah juga sedang mempersiapkan infrastruktur-infrastruktur pendukung, yaitu rumah isolasi dan rumah sakit.

Wisma Atlet Kemayoran siap dijadikan rumah sakit darurat Covid-19. "Dan juga sebagai rumah isolasi pada nanti Sabtu malam, 21 Maret 2020," ujar Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (20/3).

Berita Terkait : Jokowi Pastikan, RS Darurat Covid-19 di Pulau Galang Bisa Dipakai Senin Depan

Selain itu, Pulau Sebaru dan Pulau Galang yang juga disiapkan menjadi ruang karantina dan isolasi akan segera selesai pembangunannya. "Untuk Pulau Galang akan selesai dibangun pada Sabtu, 28 Maret 2020," bebernya.

Selain itu, kapasitas rumah sakit rujukan akan terus ditingkatkan dan ditambah. Baik dari sisi ruang, peralatan, obat, dan sumber daya manusia (SDM).

Berita Terkait : Mau Dirawat Di RS Darurat Wisma Atlet, Begini Caranya

"Rumah sakit TNI, rumah sakit Polri, dan rumah sakit BUMN yang ada di daerah-daerah terinfeksi juga telah disiapkan jadi rumah sakit Covid-19. Rumah sakit swasta juga akan diajak serta untuk berpartisipasi dan ditingkatkan kemampuannya," ungkap eks Wali Kota Solo ini.

Sementara di daerah, pemerintah sudah menyiapkan rumah sakit. Kalau isolasi di rumah sakit tak mencukupi, gedung-gedung disiapkan untuk karantina.

Berita Terkait : Wajar, Rakyat Pengen Tenang

Penyiapan gedung-gedung untuk karantina atau isolasi itu sudah disampaikan Presiden Jokowi kepada Mendagri Tito Karnavian. "Saya rasa daerah punya tempat-tempat diklat yang banyak. Itu saya rasa bisa dipakai untuk plan ke-2, ke-3," tambahnya.

"Saya akan menggerakkan semua kekuatan pemerintah, negara, dan bangsa untuk mengatasi kesulitan ini. Baik itu permasalahan kesehatan dan sosial ekonomi yang mengikutinya," pungkas Jokowi. [OKT]