Kemenhub: Bandara Di Papua Tetap Beroperasi Normal

Bandara Sentani, Jayapura, Papua. (Foto: ist)
Klik untuk perbesar
Bandara Sentani, Jayapura, Papua. (Foto: ist)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membantah bandara di Papua di tutup total. Kasubag Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Irene Marizkha menegaskan, sejauh ini tidak ada penutupan bandara Papua. 

Berita Terkait : Mau Dirawat Di RS Darurat Wisma Atlet, Begini Caranya

Irene menjelaskan, seluruh bandara bukan hanya di Papua tetap beroperasi normal dengan mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh Ditjen Perhubungan Udara (Kemenhub). "Belum ada itu penutupan bandara. Semua masih berjalan normal. Baik itu penumpang dan logistik," katanya kepada Rakyat Merdeka, Kamis (26/2).

Berita Terkait : Mulai Besok, Gubernur Papua Tutup Akses Orang Sementara

Terkait adanya surat Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara X Usman Effendi soal penutupan penerbangan penumpang di bandara Papua, kata Irene, surat tersebut tak berlaku sehingga bandara tetap beroperasi normal dengan mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan. "Pak Dirjen mengatakan dengan tegas bahwa bandar udara tetap beroperasional dengan memperhatikan terkait dengan protokol kesehatan yang telah disampaikan pemerintah yang wajib dilakukan," tegasnya.

Berita Terkait : Kemenhub Batalin Mudik Gratis Karena Corona

Sebelumnya, beredar surat keputusan yang menyatakan bahwa seluruh bandara di Papua resmi ditutup mulai Kamis (26/3) demi mencegah penyebaran virus korona di Provinsi Papua. Hal ini merupakan keputusan Otoritas Bandara X di Merauke. [KPJ]