Jubir Covid-19: Waspada, Banyak Penularan Tak Langsung Lewat Tangan

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Wabah Covid-19, Achmad Yurianto (Foto: Istimewa)
Klik untuk perbesar
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Wabah Covid-19, Achmad Yurianto (Foto: Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Jumlah pasien yang berhasil disembuhkan dari penyakit akibat virus Corona (Covid-19) di Indonesia pada Kamis (2/4), dilaporkan kembali mengalami kenaikan sebanyak 9 orang. Dari 103 pada Rabu (1/4), menjadi 112 pada Kamis (2/4).

Sementara jumlah kasus kematian, bertambah 13 angka, dari 157 menjadi 170.

Berita Terkait : Lawan Covid-19, Halim Minta Balai Desa Jadi Tempat Isolasi

Sedangkan total kasus positif naik 113 angka, dari 1.677 menjadi 1.790.

Info ini disampaikan Juru Bicara (Jubir) Pemerintah untuk Penanganan Wabah Covid-19, Achmad Yurianto dari Graha BNPB, Jakarta, Kamis (2/4).

Berita Terkait : PWI Peduli Salurkan Sembako dan Alat Kesehatan di Kabupaten Bogor

Dalam kesempatan itu, Yurianto meminta masyarakat mewaspadai penularan tidak langsung, yang terjadi melalui perantaraan tangan.

"Penularan tidak langsung melalui kontak tangan, cukup besar jumlahnya. Akibat cemaran pada tangan, yang kemudian menyentuh wajah, mulut, hidung, dan mata. Karena itu, biasakan rutin cuci tangan dengan memggunakan sabun selama 20 detik di bawah air mengalir," imbau Yuri.

Berita Terkait : Tangkal Covid-19, Presiden Larang WNA Masuk Ke Tanah Air

"Mari kita bersama-sama saling mengingatkan, agar menjaga jarak, mencuci tangan. Imbauan pemerintah sudah jelas. Tinggal dilaksanakan. Tetap lebih aman berada di rumah. Bekerja, belajar, beribadah, dan produktif dari rumah," lanjutnya. [OKT]