Update Corona 6 April 2020

Banyak Orang Tanpa Gejala, Jangan Lupa Pakai Masker Kalau Keluar Rumah

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Wabah Covid-19, Achmad Yurianto (Foto: Istimewa)
Klik untuk perbesar
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Wabah Covid-19, Achmad Yurianto (Foto: Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Total kasus positif Corona (Covid-19) di Indonesia pada hari ini, Senin (6/4), dilaporkan berjumlah 2.491 orang. Atau bertambah 218, dari data Minggu (5/4) yang mencapai 2.273. Dari jumlah itu, 192 pasien dinyatakan sembuh, dan 209 orang meninggal dunia.

Hal ini disampaikan Juru Bicara pemerintah khusus penanganan virus Corona Achmad Yurianto, dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Senin (6/4).

Berita Terkait : Tekan Penyebaran Covid-19, Naik KA Bandara Harus Pakai Masker

"Dari hasil pemeriksaan metode PCR, bukan rapid test, tercatat 218 kasus baru. Sehingga, totalnya menjadi 2.491 kasus," kata Yurianto.

Tingginya penambahan jumlah kasus positif ini, tentunya membuat kita semakin hati-hati. Sebab, kita tak pernah tahu, apakah kita berada di lingkungan yang menularkan Covid-19 atau tidak. Apalagi, penderitanya juga banyak yang tidak menampakkan gejala.

Berita Terkait : Mulai Hari Ini, Keluar Rumah Wajib Pakai Masker

Karena itu, Yurianto kembali menyerukan masyarakat Indonesia untuk mengenakan masker setiap kali keluar rumah.

"Gunakan masker, terutama saat beraktivitas di luar rumah. Secara mandiri, kita dapat membuat masker ini. Masker bedah dan N95 hanya untuk tenaga medis. Gunakan masker kain maksimal 4 jam sehari. Setelah itu, cuci dengan air dan sabun," papar Yurianto.

Berita Terkait : Dampak Corona, PSSI Akan Sesuaikan Gaji Pelatih Timnas

"Mari kita bersama-sama memberantas dan menghentikan laju wabah Covid-19. Tetaplah di rumah, karena bepergian akan meningkatkan risiko penularan. Kita berada di tengah orang yang tidak tahu, apakah dia OTG (Orang Tanpa Gejala, Red) atau tidak," imbuhnya. [HES]