Mau Gratiskan Paket Data bagi Madrasah, Kemenag Jajaki Kerja Sama dengan Provider

Paket data/Ilustrasi (Foto: Istimewa)
Klik untuk perbesar
Paket data/Ilustrasi (Foto: Istimewa)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Biaya paket data menjadi kendala dalam pelaksanaan pembelajaran daring dalam sebulan terakhir. Hal itu mendorong Kementerian Agama (Kemenag) untuk menjalin kerja sama dengan provider jaringan internet dalam penyediaan paket data gratis.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Kemenag, Ahmad Umar, mengatakan, pembelajaran daring di madrasah akan terus dikembangkan. Pihaknya telah mengembangkan e-learning madrasah. Karenanya, perlu sinergi dengan provider.

Berita Terkait : Izinkan Jalani Pelatnas, Kemenpora Minta Cabor Patuhi Protokol Olahraga

"Kami tengah menginisiasi kerja sama dengan provider jaringan internet untuk memberikan dukungan paket data bagi siswa madrasah," jelas Umar, di Jakarta, Kamis (9/4).

Skema kerja sama dengan provider itu bisa dalam bentuk pemberian paket data gratis atau pemberian kuota tertentu bagi siswa dan guru madrasah untuk mengakses situs tertentu yang terkait pembelajaran. "Skema kerjasama ini tentu mengacu pada ketentuan peraturan tentang pengadaan barang/jasa pemerintah. Ini yang sedang dikaji," ujarnya.

Berita Terkait : Senator Puji Strategi Kementan Jaminan Pasokan dan Distribusi Pangan

Umar menjelaskan, e-learning madrasah sedianya akan mulai digunakan pada tahun ajaran 2020/2021, tepatnya Juli 2020. Namun, seiring pemberlakuan daring dalam pencegahan Covid-19, e-learning digunakan lebih awal, sejak Maret 2020. 

"Sampai sekarang sudah 9.561 madrasah, 45.956 guru, dan lebih 420 ribu siswa yang memanfaatkan layanan e-learning madrasah. Kemenag juga sedang menyusun Modul Pembelajaran Jarak Jauh bagi siswa dan madrasah yang masih terisolir dan mempunyai hambatan jaringan internet di daerahnya," lanjutnya.

Berita Terkait : Kenang Sulitnya Masa Lockdown, Bayi Kembar di India Ini Diberi Nama Corona dan Covid

Kolaborasi juga akan dilakukan dengan Kemendikbud. Kerja sama ini dalam rangka pertukaran konten pembelajaran antara E-Learning Madrasah dan Rumah Belajar Kemdikbud.

Di masa Covid-19, Kemenag juga menerima penawaran kerja sama penyediaan platform pembelajaran online dari Dragonlearn.org. Umar menyatakan, tawaran itu menarik untuk memudahkan akses siswa madrasah ibtidaiyah terhadap bahan materi pelajaran. Platform ini dapat diakses secara gratis melalui alamat: www.dragonlearn.org selama 3 bulan terhitung 8 April 2020 atau selama penetapan masa Darurat Covid-19 berlangsung. "Platform ini menyediakan mata pelajaran Matematika Kelas 1-6 MI. Dilengkapi juga dengan materi-materi tambahan mapel matematika," pungkasnya. [DIR]