RMco.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin menegaskan, ada empat hal penting yang harus dilakukan untuk menjaga dan mencegah masyarakat Indonesia dari paparan Covid-19.  Yakni dengan meningkatkan keimanan, menjaga imunitas tubuh, menciptakan keamanan, dan mengamini doa-doa untuk keselamatan nasional.

"Jadi iman, imun, aman, amin. Kita jangan lupa untuk amin, artinya berdoa kepada Allah dengan mengucapkan amin. Seperti yang kita lakukan malam ini. Kita berdoa bersama, dan mengamini doanya," kata Kiai Ma'ruf saat menyampaikan tausiah Doa dan Dzikir Nasional untuk Keselamatan Bangsa, di Jakarta, Kamis (16/4).

Berita Terkait : KPK Akui Pendemi Covid-19 Bikin Kekuatannya Berkurang

Menurutnya, keimanan adalah kunci utama ketika menghadapi musibah pandemi Covid-19. Apalagi, virus Corona bukan hanya menyerang Indonesia, tetapi juga 213 negara lain di berbagai belahan bumi.

"Karena itu, kita harus ikhlas, harus ridho, dan kita harus sabar di dalam menerima musibah ini. Jangan sampai kita panik. Jangan sampai kita berputus asa," kata Kiai Ma'ruf.

Berita Terkait : Sialan Orang Ini, Ringkus Saja Pak

Selain itu, Kiai Ma'ruf juga meminta seluruh lapisan masyarakat untuk harus menjaga daya tahan tubuh.

"Kita harus berupaya menjaga kesehatan, mengonsumsi vitamin, berolahraga, kemudian juga berjemur di tempat yang panas supaya kita imun, tahan. Supaya kita tidak terpapar itu," paparnya.

Baca Juga : Hujan Deras Semalam, 56 RT di Jakarta Terendam Banjir

"Kemudian kita juga harus menjaga aman. Jadi selain imunisasi diri, juga amanisasi diri, yaitu dengan menjalankan anjuran pemerintah untuk menjaga jarak, tidak berkumpul di tempat ramai supaya tidak tertular atau menularkan," sambungnya.

Terakhir, Kiai mengajak seluruh masyarakat untuk mengamini setiap doa yang dipanjatkan guna memohon keselamatan bangsa dari pandemi Corona. [HES]