4 Maskapai Siap Terbang Di APT Pranoto Samarinda

Klik untuk perbesar
Bandara APT Pranoto Samarinda, Kalimantan Timur, memudahkan masyarakat mengakses transportasi udara. (Foto: web diskominfo.samarindakota.go.id)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Kabar gembira untuk masyarakat Samarinda, Kalimantan Timur. Untuk mengakses transportasi udara, mereka tak perlu lagi jauh-jauh ke Bandara Sepinggan, Balikpapan. Bandara Aji Pengeran Tumenggung (APT) yang diresmikan Jokowi pada 25 Oktober lalu, kini sudah mulai bisa digunakan. Bandara APT Pranoto ini merupakan bandara pengganti atau relokasi dari Bandara Temindung, yang dinilai sudah tak bisa dikembangkan lagi dengan panjang landasan yang berukuran 1.040 x 23 meter. Bandara tersebut hanya bisa melayani pesawat sekelas ATR 42 dengan restriksi khusus.

Hingga saat ini, ada 4 maskapai yang telah mengantongi izin terbang dari dan ke APT Pranoto. Yaitu Travel Express, Susi Air, Batik Air dan Wings Air.  Terkait hal ini, Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana Banguningsih Pramesti menjelaskan, pihaknya menyambut baik respon airlines untuk melayani masyarakat sesuai keinginan pemerintah. "Saya bersyukur, maskapai nasional merespon dengan cepat untuk melayani masyarakat Samarinda dan sekitarnya, dengan adanya penerbangan langsung ke Jakarta dari APT Pranoto", ujar Polana.

Berita Terkait : Dirjen Hubud: Belum Ada Maskapai Yang Langgar Tarif Batas Atas Penerbangan

Dari 4 maskapai,  Batik Air akan menerbangi rute penerbangan langsung dari dan ke Jakarta sebanyak 5 kali dalam seminggu menggunakan pesawat udara jenis Airbus A320 dengan kapasitas 156 seat. "Pada 21 November mendatang, Batik Air akan terbang  langsung ke Jakarta, seminggu 5 kali pergi pulang dengan pesawat jenis Airbus A320", jelas Polana. 


Dengan adanya akses penerbangan di APT Pranoto, pertumbuhan perekonomian di Samarinda dan sekitarnya seperti Bontang, Sangata, dan Tenggarong diharapkan dapat mengalami peningkatan. Untuk itu, Polana terus mendorong maskapai nasional untuk menerbangi rute-rute lainnya dari dan ke APT. Pranoto. "Kami berharap sektor transportasi udara bisa membawa dampak positif untuk perekonomian di Kaltim. Kami akan terus dorong airlines untuk bisa menerbangi rute-rute lainnya dari dan ke APT Pranoto," pungkas Polana.

Berita Terkait : 2 Minggu Sosialisasi, Bagasi Terdaftar Lion & Wings Kena Biaya

Selain Batik Air yang melayani rute Samarinda-Jakarta, ada juga beberapa maskapai lain dengan rute masing masing, yaitu Travel Express melayani Samarinda-Berau PP 7x seminggu, Samarinda-Melak PP 7x seminggu dan Samarinda-Tanjung Selor PP 3x seminggu yang semuanya menggunakan pesawat udara jenis ATR 42 dengan kapasitas 42 seat.

Maskapai Susi Air melayani rute Samarinda-Balikpapan PP setiap hari dengan pesawat udara jenis cessna dengan kapasitas 12 seat, dan yang terbaru pesawat Wings Air telah beroperasi tanggal (12/11) kemarin akan melayani rute Samarinda- Berau PP setiap hari sekali.

Berita Terkait : Perdana, APT Pranoto Layani Penerbangan Jakarta - Samarinda

Saat ini Bandar Udara APT Pranoto, Samarinda memiliki luas terminal 12.700 m2 yang dapat menampung sebanyak 1.500.000 pax/ tahun, dengan ukuran runway sepanjang 2.250m x 45m, taxiway berukuran 173m x 23m dan luas apron 300m x 123m dan memiliki hanggar berukuran 36.342 m2, sehingga pesawat udara sejenis Boeing 737-800 ER dapat beroperasi di Bandara APT Pranoto. [HES]