RMco.id  Rakyat Merdeka - KBRI Seoul dan Garuda Indonesia telah memfasilitasi pengiriman bantuan berupa RT-PCR test kit atau alat tes corona dari pemerintah Korea Selatan (Korsel) untuk Indonesia, sudah sampai di Indonesia pada Jumat (24/4) pagi. 

Ini adalah bantuan tahap kedua, setelah bantuan tahap pertama berupa rechargeable battery power sprayers untuk penyemprotan disinfektan, dikirim ke Indonesia pada tanggal 8 April 2020.

Baca Juga : BNI Griya Expo Online 2020, Beli Rumah Jadi Lebih Mudah

Sampai saat ini, nilai total bantuan pemerintah Korsel untuk mendukung Indonesia dalam menanggulangi wabah Covid-19 telah mencapai 500 ribu dolar AS.

Di samping bantuan dari pemerintah Korsel, KBRI Seoul dan Garuda Indonesia hari ini juga memfasilitasi pengiriman bantuan dari dua perusahaan Korsel mitra Indonesia,  dalam kerja sama industri pertahanan. Yaitu Korea Aerospace Industries (KAI) dan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME) berupa RT-PCR test kit.

Baca Juga : PBSI Home Tournament, Apriyani/Mychelle Hadapi Ribka/Fadia di Final

Untuk diketahui, pada tanggal 21 April 2020, Presiden Jokowi telah melakukan pembicaraan lewat telepon dengan Presiden Korsel Moon Jae-in. Kedua pemimpin negara sepakat mempererat kerja sama internasional dalam penanganan Covid-19.

Solidaritas dan dukungan dari Korea Selatan yang diberikan kepada Indonesia dalam menghadapi wabah Covid-19, sangat membantu.

Baca Juga : Ketua KPK: Korupsi Juga Kejahatan Kemanusiaan

Korsel adalah mitra strategis khusus Indonesia. Kedua negara ini akan terus berkolaborasi dalam mengatasi pandemi ini. [SRI]