RMco.id  Rakyat Merdeka - Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Letjen Doni Monardo meminta masyarakat terus bekerja sama dalam memerangi virus Corona. Dia meminta masyarakat tetap semangat membantu pemerintah memutus penyebaran Corona.

Doni menegaskan, selama vaksin belum ditemukan, ancaman Corona tetap mengintai. "Selama bangsa-bangsa di dunia belum berhasil menemukan vaksin, maka kita tidak boleh kendur, tidak boleh lengah. Bapak Presiden selalu menekankan jangan kendur, walaupun beberapa daerah mengalami kekurangan kasus konfirmasi," tegasnya, dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube Setpres, Senin (11/5).

Berita Terkait : Doni Monardo Ingatkan Bahaya Virus Corona Dari Orang Terdekat

Kepala BNPB ini meminta masyarakat disiplin menjalani aturan pemerintah. Dia juga menekankan pentingnya kerja sama antara pemerintah dan masyarakat dalam memerangi Corona.

"(Perang lawan Corona) ini harus dibarengin dengan tingkat disiplin individu dan kesadaran kolektif lebih tinggi. Sekali lagi, masalah ini tidak bisa diatasi ditangani oleh pemerintah pusat semata, dibutuhkan kerja sama, upaya gotong royong," jelasnya.

Berita Terkait : Salak Pondoh Sleman Tetap Ekspor Di Tengah Pandemi Covid-19

Doni juga meminta kerja sama dari elemen lain, dari akademisi hingga pengusaha. Dia meminta seluruh elemen masyarakat mendukung program dan aturan pemerintah terkait penanganan dan pencegahan penyebaran Corona.

"Selama ini Gugus Tugas selalu mengampanyekan program atau metode kolaborasi pentahelix berbasis komunitas. Di sinilah pentingnya kita bersama-sama unsur pemerintah, unsur akademisi, unsur dunia usaha, unsur komunitas relawan organisasi masyarakat, dan juga didukung oleh media," tutur dia. [USU]