RMco.id  Rakyat Merdeka - Universitas Tarumanagara (Untar) menerima Penghargaan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III atas Kontribusi dan Inovasi Di Masa Pandemi, Senin (29/6). 

Acara pemberian penghargaan yang dilakukan secara online dibuka oleh Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Prof Nizam dan Kepala LLDIKTI Wilayah III Prof Agus Setyo Budi, diikuti para Pimpinan Perguruan Tinggi di lingkungan wilayah 3.

Untar mendapat penghargaan pada kategori Perguruan Tinggi membuat inovasi melalui Laboratorium PCR Fakultas Kedokteran (FK) dalam pemeriksaan sampel Covid-19

FK Untar juga memproduksi Hand Sanitizer yang dapat dirasakan manfaatnya oleh rumah sakit, puskesmas, dan masyarakat sekitar maupun internal kampus.

Secara khusus LLDIKTI wilayah 3 juga memberikan penghargaan kepada Rumah Sakit Royal Taruma atas kerja samanya melakukan tes rapid dan swab di lingkungan kerja LLDIKTI Wilayah III bagi seluruh staf.

Berita Terkait : MPR Jalin Kerja Sama Pendidikan Dengan UNPAD

Nizam menuturkan, selama pandemi banyak Perguruan Tinggi telah membuat produk Inovasi seperti face shield, ventilator, termo-camera, hand sanitizer, cairan disinfektan serta lainnya.

“Saya berharap Perguruan Tinggi tetap menjadi mata air bagi masyarakat dengan memberikan energi positif dari kampus. Di tengah pandemi ini, publikasi dosen juga meningkat yang menandakan kualitas Perguruan Tinggi di saat pandemi Covid-19 semakin meningkat,” jelasnya.

Nizam juga mengucapkan selamat kepada Perguruan Tinggi yang telah mendapatkan penghargaan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III dan rekan-rekan di lingkungannya yang tetap berupaya mencerahkan dan memajukan kehidupan bangsa.

Kepala LLDIKTI Wilayah III Prof Agus Setyo mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada Perguruan Tinggi di lingkungan kerjanya yang telah bekerja keras dalam melakukan inovasi sebagai bentuk kontribusi bagi bangsa. 

“Hikmah dan pembelajaran yang dapat diambil selama pandemi Covid-19, dimana kesadaran menerapkan pola hidup bersih dan sehat menjadi prioritas, teknologi informasi semakin maksimal dimanfaatkan, menjadikan aktivitas lebih mudah dan fleksibel, serta Perguruan Tinggi banyak menghasilkan produk-produk inovasi, kolaborasi dan terbentuknya solidaritasm antar manusia yang semakin tinggi dalam kegiatan kerelawanan,” ujarnya.

Berita Terkait : Bamsoet: Peran TNI Dibutuhkan Hadapi Resesi dan Pandemi Covid-19

Bersamaan dengan pemberian penghargaan kepada Perguruan Tinggi, LLDIKTI Wilayah III juga dengan resmi meluncurkan buku elektronik yang berisikan kumpulan solusi dan inovasi Perguruan Tinggi di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III pada Masa Pandemi Covid-19, dengan judul: “Sinergi Perguruan Tinggi Di Tengah Pandemi”.

Penghargaan kepada Perguruan Tinggi terbagi dalam 4 kategori. Pertama, kategori Perguruan Tinggi yang Menghasilkan Inovasi dan Produk Kesehatan Selama Pandemi Covid-19.

Kedua, Kategori Perguruan Tinggi yang Berkontribusi dalam Kegiatan Kerelawanan Selama Pandemi Covid-19

Ketiga, Kategori Perguruan Tinggi Peraih QS WORLD UNIVERSITY RANKINGS.

Keempat, Penghargaan untuk Rumah Sakit yang telah bekerja sama dengan LLDIKTI Wilayah III dalam kegiatan tes rapid dan swab.

Berita Terkait : Pentingnya Digitalisasi Pasar Rakyat di Masa Pandemi

Sebagai perwakilan Pimpinan Perguruan Tinggi, Rektor Untar Prof Agustinus Purna Irawan mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan.

“Kami telah memproduksi hand sanitizer oleh Fakultas Kedokteran Untar, pengembangan lab untuk pengujian Covid-19 dengan keamanan level 3, dan telah melakukan pengujian lebih dari 2.700 sampel sejak laboratorium dioperasikan 2 Juni 2020,” ujar Prof Agustinus. [KW]