RMco.id  Rakyat Merdeka - Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) dan Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang PS Brodjonegoro menegaskan, pihaknya menjamin pendanaan penelitian Covid-19. Sehingga, para peneliti tak perlu pusing memikirkan hal tersebut.

“Sebagian besar diberikan pendanaan langsung dari Kemenristek. Jadi, peneliti tak usah khawatir," ujar Bambang di acara RMInsight, bertajuk "Produk Anti Covid Buatan Kemenristek"  yang ditayangkan secara langsung di semua kanal media sosial Rakyat Merdeka, Senin (20/6). S

Berita Terkait : Awal 2021, Vaksin Covid Mulai Diproduksi di Tanah Air

Bambang juga menyebut akan memberikan insentif bagi peneliti yang dapat menemukan terobosan baru di dalam proses penelitian. Antara lain, dengan memberikan kemudahan untuk mendaftarkan hak paten.

Saat ini, menurutnya, mayoritas peneliti melakukan kerja sama penelitian. Sangat jarang yang bekerja sendiri. Kerja sama ini, kata Bambang, berdampak baik terhadap dunia penelitian di Tanah Air.

Berita Terkait : Rapat Jangan Lama-lama, Nggak Usah Pakai Makan Minum

“Ke depan, bukan kegiatan seorang diri. Tetapi sinergi. Bukan hanya antar peneliti, , tetapi juga lintas bidang, lintas universitas. Kita sudah melihat kekompakan terjadi di tengah kondisi pandemi ini,” papar Bambang. [BSH]