RMco.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy memastikan kualitas beras bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) yang akan dibagikan kepada masyarakat atau keluarga penerima manfaat (KPM) telah sesuai dengan standar yang ditetapkan.

"Sudah kita cek bersama kualitasnya secara random dan menurut saya sudah memadai kualifikasi kualitas beras medium dan beratnya juga tadi sudah kita coba beberapa sampel dan memenuhi syarat rata-rata di atas 15 kg," kata Muhadjir dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Sabtu (12/9).

Program bantuan sosial (Bansos) pemerintah untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari Program Keluarga Harapan (PKH) berupa beras akan segera dilaksanakan. Hal tersebut sebagai wujud komitmen pemerintah dalam membantu masyarakat, terutama yang terdampak Covid-19.

Berita Terkait : Muhadjir: Peran Ilmuwan Sosial di Masa Pandemi Sangat Strategis

Untuk memastikan kualitas beras tersebut benar-benar sesuai standar, Menko PMK mengajak seluruh awak media yang hadir untuk mencicipi beras medium program bansos PKH yang sudah dimasak.

"Ini contoh beras yang sudah dimasak. Silakan dimakan ramai-ramai biar tahu dan teman-teman wartawan juga ikut merasakan rasanya beras medium seperti apa," ucap Muhadjir.

Muhadjir menambahkan bantuan beras akan dibagikan untuk tiga bulan. Teknis pembagiannya secara bertahap setiap bulan dengan total jumlah penerima manfaat sebanyak 10 juta KPM.

Berita Terkait : Muhadjir: Usut Asal-Usulnya

"Ini bukan untuk mengganti bansos yang sudah ada. Bantuan program reguler PKH ini berupa tambahan bantuan beras. Intinya kita ingin menjamin bahan pokok terutama beras untuk KPM bisa tercukupi," pungkas Muhadjir.

Semetara itu Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kanwil Sumut Arwakhudin Widiarso melaporkan stok beras di gudang Bulog termasuk Gudang Bulog Pulo Brayan Darat II, Kota Medan, cukup untuk memenuhi kebutuhan program bansos beras untuk KPM di Sumut.

"Beras yang ada di gudang Bulog ini stok tahun 2020. Jumlahnya ada 20.400 ton yang siap dibagikan kepada 455 ribu KPM di Sumut. Untuk Kota Medan jumlahnya 50 ribu KPM dan untuk 3 bulan," tandasnya. [DIR]