Sebelumnya 
Jokowi juga menegaskan, pemerintah terus berupaya memperbanyak fasilitas isolasi di daerah-daerah lainnya. “Ada juga balai pelatihan kesehatan di Ciloto, ada 653 orang yang bisa ditampung di situ dan beberapa di Balbekes di Batam, di Semarang, di Makassar, juga terus disiapkan,” lanjutnya.

Dengan banyaknya ruang isolasi ini, masalah kelebihan kapasitas pasien di rumah sakit rujukan Covid-19 bisa tertangani. Sebab, pasien dengan gejala ringan dan sedang bisa dialihkan ke fasilitas isolasi. Jokowi juga meminta agar data-data soal ketersediaan ruang isolasi ini harus selalu diteruskan ke masyarakat. “Saya kira ini yang perlu terus disampaikan,” kata dia.

Berita Terkait : Bioskop Jadi Dibuka Lagi, Kapasitasnya 25 Persen

Instruksi lainnya, Jokowi meminta daerah lain mulai meningkatkan kapasitas testing. data yang diperolehnya, capaian testing di dKi mencapai 324 ribu, disusul Jawa Timur 184 ribu, Jawa Tengah 162 ribu, dan Jawa Barat 144 ribu.

Begitu juga soal penegakan protokol kesehatan, terutama masker dan jaga jarak. Doni Monardo yang mengikuti rapat, ikut menjelaskan instruksi yang disampaikan Jokowi. Kata dia, Jokowi juga menyinggung soal PSBB yang resmi di berlakukan di Jakarta sejak kemarin.

Berita Terkait : Bangun Food Estate, Jokowi Pakai Drone Hingga Traktor Apung

“Ada penekanan yang disampaikan Presiden terkait pengambilan keputusan yang berdampak pada kepentingan masyarakat secara luas,” kata Ketua Satgas Penanganan Covid-19 ini.

Kata Doni, Jokowi meminta semua pengambil kebijakan agar berkoordinasi. Sehingga keputusan yang dihasilkan betul-betul bisa memberi manfaat yang besar bagi masyarakat, baik dari aspek kesehatan atau pun aspek lain.
 Selanjutnya