RMco.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi terus berupaya mendukung ketahanan sektor ekonomi kreatif Indonesia di masa pandemi Covid-19.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan hadir dan memberikan sambutan pada acara Peluncuran Kampanye #PernakPernikUnik dalam rangka Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan secara virtual yang dilaksanakan di Jakarta, Rabu (16/9).

Berita Terkait : Rogoh Kocek Rp 150 M, Pertamina Dorong UMKM Bangkit dan Mandiri

"Produk kriya buatan anak bangsa harus menjadi tuan rumah di Indonesia. Di masa pandemi ini, kolaborasi menjadi solusi pemulihan pertumbuhan ekonomi," ujar Luhut.

Ia menambahkan melalui Gerakan Bangga Buatan Indonesia, akan semakin memperkokoh semangat gotong royong dan solidaritas semua pemangku kepentingan. Di masa pandemi Covid-19, menurut Luhut keberlangsungan UMKM Indonesia bertumpu pada penggunaan teknologi.

Baca Juga : Menko Polhukam: Kasus Penusukan Syekh Ali Jaber Segera Dibawa ke Pengadilan

Menurut survei BPS, 83 persen UMKM mengakui adanya pengaruh positif dari penggunaan media online. Oleh karena itu, Luhut mendorong para pelaku UMKM untuk merangkul riset dan teknologi.

Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves Odo Manuhutu, menambahkan bahwa keberlangsungan ekonomi kreatif Indonesia tidak hanya terbatas pada peran aktor UMKM, namun membutuhkan peran dari seluruh pihak terkait.

Baca Juga : Besok, Polisi Gelar Rekonstruksi Penusukan Syekh Ali Jaber

"Sebagai konsumen, cara paling mudah untuk mendukung UMKM nasional adalah dengan mulai membiasakan diri dalam membeli produk-produk lokal," pungkas Odo. [DIR]