RMco.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menduga pegawainya yang terpapar Virus Corona tertular dari luar kantor. Saat ini, sebagian besar pegawai yang sempat terkonfirmasi positif Covid-19 sudah sembuh setelah menjalani isolasi mandiri.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Achmad Yurianto mengatakan, kebanyakan pegawai Kemenkes yang positif Covid-19 tanpa gejala.

“Sekarang yang masih kita suruh isolasi secara mandiri mungkin nggak sampai 10 orang. Selebihnya sudah sembuh dan bekerja lagi,” kata Yuri di Jakarta, kemarin.

Berita Terkait : Khofifah: Cari Keringat, Biar Covid Minggat

Penularan Covid-19 yang terjadi pada pegawai Kemenkes bisa saja terjadi di luar kantor.

Yuri menyatakan, kantor Kemenkes di Kuningan tapi sebagian besar pegawainya diperbantukan di luar kantor, seperti Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) baik di Bandara Soekarno Hatta mupun di Bandara Halim Perdana Kusuma.

Ada juga pegawai Kemenkes yang diperbantukan di RS Darurat Wisma Atlet, menerima ribuan orang setiap hari untuk melakukan kontak tracing. Mereka inilah yang kemudian terpapar.

Baca Juga : Gunung Sinabung Erupsi, Semburkan Debu Setinggi 500 Meter

Standar prosedur sudah dijalankan dengan baik tapi risiko pekerjaan luar biasa. Ada juga pegawai Kemenkes yang bekerja di laboratorium, memang tidak pernah ketemu pasien tapi ketemu virusnya langsung.

Menurutnya, ini penyakit menular yang faktor pembawa penyakitnya adalah orang.

“Gambaran akhir-akhir ini sudah semakin terlihat bahwa kasus-kasus yang terkonfirmasi positif dari pemeriksaan swab test itu sebagian besar bahkan ada yang memperkirakan 80 persen tanpa gejala. Ini lah yang jadi problem, karena mereka tidak sakit,” ungkapnya.
 Selanjutnya