RMco.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi meminta, proyek Pelabuhan Patimban, Subang, dikebut. Pasalnya, pelabuhan ini memiliki peran yang penting dan strategis dalam pertumbuhan serta perdagangan di wilayah Provinsi Jawa Barat.

”Dikembangkan saling mengisi dengan Tanjung Priok, komplementer bukan kompetitor,” ujar Jokowi saat memberikan pengantar pada Rapat Terbatas (Ratas) mengenai Percepatan Proyek Nasional Patimban secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, Selasa (22/9).

Berita Terkait : Jokowi Janjikan Rp 50 Juta Buat Rumah Rusak Berat Akibat Gempa Di Sulbar

Jokowi juga berharap jika pelabuhan Patimban selesai terbangun segitiga kawasan pertumbuhan ekonomi, yaitu pelabuhan Patimban, kemudian airport Kertajati, dan juga kawasan Bekasi, Karawang serta Purwakarta. Saling terkoneksi, saling mendukung satu sama lain.

”Sehingga memiliki daya saing terutama untuk produk-produk ekspor dan lebih khusus lagi di bidang otomotif. Karena itu saya sudah beberapa kali menyampaikan pada saat ke lapangan agar dilakukan percepatan penyelesaian pembangunan pelabuhan Patimban ini,” kata Jokowi.

Berita Terkait : Jokowi: Kemitraan Usaha Besar-UMKM Kerek Pertumbuhan Ekonomi

Jokowi menambahkan, telah beberapa kali menyampaikan bahwa pantai utara Jawa yang sudah tersambungkan dengan jalan Tol harus menjadi super koridor ekonomi. ”Karena fasilitas-fasilitas infrastruktur sudah relatif lebih siap, sehingga setiap kawasan industri, kawasan pariwisata, sentra-sentra pertanian harus tersambungkan dengan jalan tol ini,” tukasnya. [DIT]