RMco.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi memberikan apresiasinya sekaligus mengucapkan selamat atas bertambahnya usia PT Kereta Api Indonesia (KAI) ke-75 yang jatuh pada hari ini, Senin (28/9). Jokowi menilai, kereta api akan tetap menjadi pilihan transportasi rakyat karena telah puluhan tahun beroperasi. Begitu pun di masa pandemi Covid-19.

"Di masa pandemi ini, kereta api tetap jadi pilihan transportasi rakyat. Tapi ingat, kita semua harus tetap menjalankan protokol kesehatan dengan ketat," ujarnya dalam perayaan peringatan ulang tahun KAI yang dilakukan secara virtual.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, kereta api jadi pilihan karena pelayanannya aman dan nyaman bagi penumpang. Kereta api juga merupakan salah satu transportasi dengan harga tiket yang murah dan terjangkau.

Berita Terkait : KAI Komitmen Jadikan Kereta Api Moda Transportasi Aman Dan Sehat

Ia berharap KAI terus memegang prinsip pelayanan optimal. Sesuai dengan jargon KAI yang adaptif, solutif, kolaboratif.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengaku akan terus berinovasi di ulang tahun KAI yang ke-75. Menurut Didiek, di masa pandemi ini, KAI akan terus menjalin kerja sama dengan perusahaan taksi konvensional dan aplikator ojek online untuk menyediakan layanan perjalanan end to end.

Layanan tersebut nantinya memungkinkan pelanggan mengakses transportasi penghubung dari stasiun ke tempat tujuan melalui aplikasi KAI Access. "Kami akan bangun ekosistem. Aplikasi KAI Acess akan digabungkan dengan moda lain dalam rangka memberikan keamanan bagi pelanggan sehingga bisa menikmati perjalanan end to end," ujarnya.

Baca Juga : Baznas Kirim Tim Medis Ke Lokasi Gempa Di Sulawesi Barat

Didiek menjelaskan, layanan end to end atau first mile dan last mile sudah diterapkan untuk pengiriman barang atau kargo melalui Rail Express di sejumlah stasiun besar. Dalam penyediaan fasilitas ini, KAI bekerja sama dengan perusahaan Blue Bird.

Fasilitas tersebut nantinya dikembangkan untuk layanan penumpang sekaligus sebagai salah satu upaya KAI bertahan di masa pandemi. Di samping menyediakan layanan end to end, KAI melakukan pembenahan fasilitas yang bisa diakses secara mudah melalui platform-platform digital seperti pembayaran.

KAI juga telah memperbarui sejumlah stasiun, khususnya di Jakarta, menjadi simpul transportasi terintegrasi. "Salah satunya di Tanah Abang itu sudah jadi stasiun terintegrasi. Pasar Senen juga. Kami akan gabungkan lima stasiun besar di Jakarta," jelasnya. [KPJ]