Menteri Rini: BUMN Gerak Cepat Bantu Korban Banjir Di Madiun

Menteri BUMN Rini Soemarno (kedua kiri) ikut membantu memasak di Dapur Umum  Posko Banjir Madiun, Jawa Timur, Sabtu (9/3). (Foto: Humas BUMN)
Klik untuk perbesar
Menteri BUMN Rini Soemarno (kedua kiri) ikut membantu memasak di Dapur Umum Posko Banjir Madiun, Jawa Timur, Sabtu (9/3). (Foto: Humas BUMN)

 Sebelumnya 
Hingga kini, sejumlah BUMN telah menyalurkan bantuan dengan total Rp 981 juta, yang disalurkan ke posko. Bantuan itu antara lain berasal dari Askrindo, yang mengirimkan paket sembako Rp 25 juta. INKA mengirimkan bantuan Rp 150 juta, dalam bentuk sembako dan obat-obatan.

BRI mengirimkan paket sembako berupa pakaian dan lain-lain, dengan total nilai Rp 111 juta. Bank Mandiri mengirimkan paket sembako, dan peralatan kesehatan dengan total nilai Rp 100 juta. Jamkrindo mengirimkan bantuan berupa uang sebesar Rp 30 juta, Askrindo Rp 25 juta, PT SIER Rp 50 juta, Jasa Tirta 1 Rp 100 juta, lalu BNI mengirimkan paket sembako dengan total Rp 50 juta plus 1.000 nasi bungkus.

Berita Terkait : Megawati Perintahkan Kader PDIP Buka Dapur Umum untuk Bantu Korban Banjir Jakarta

Adapula Pelindo III, yang mengirimkan paket sembako senilai 100 juta dan tenaga medis selama 3 hari. Lalu Pertamina, yang pada gelombang satu mengirimkan paket sembako sebesar Rp 50 juta, ditambah 60 tabung elpiji. Untuk gelombang kedua, Pertamina akan mengirimkan bantuan kurang lebih Rp 60 juta, dalam bentuk peralatan sekolah.

Jasa Marga untuk Ngawi, Kertosono, Kediri, pada gelombang pertama mengirimkan paket perlengkapan sekolah sebanyak 100 paket. Telkom pada tahap pertama sebesar Rp 100 juta, sampai dengan tahap berikutnya pasca bencana.Semen Indonesia mengirimkan bantuan berupa uang tunai Rp 100 juta.

Baca Juga : Wali Kota Depok: Masyarakat Tetap Tenang, Jangan Panik

Kemudian Perum Bulog, mengirimkan 100 paket sembako dan 500 kg beras pada tahap pertama. Lalu dikirimkan juga Beras CBP 2,5 ton pada tahap awal. Terakhir, Yayasan BHUN mengirimkan 2.000 paket sembako. Dengan demikian, total bantuan yang diberikan berjumlah Rp 981 juta. 

Dalam kesempatan ini, Menteri Rini juga sempat melihat-lihat dapur umum di posko. Bahkan, Menteri Rini sempat membantu pengungsi menggoreng telor dan makan bersama para pengungsi. [HES]