RMco.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Pusat melalui Satuan Tugas Penanganan Covid-19, terus mendorong upaya penguatan penanganan Corona di daerah, melalui perubahan perilaku dan menegakkan penerapan protokol kesehatan sebagai bentuk pencegahan.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Nasional Doni Monardo mengatakan, hingga saat ini mematuhi protokol kesehatan adalah ‘vaksin' terbaik yang dapat dilakukan masyarakat. Secara sederhana, protokol kesehatan terangkum dalam gerakan 3M: memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Berita Terkait : Cakada Yang Keren Edukasi Dan Sosialisasi Hidup Sehat

“Selama belum ada vaksin maupun obat, mematuhi protokol kesehatan adalah vaksin terbaik sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19,” tegas Doni dalam Rapat Koordinasi Penanganan COVID-19 Wilayah Provinsi Gorontalo di Kediaman Dinas Gubernur Provinsi Gorontalo,  Rabu (7/10).

Selain itu, Doni juga mendorong agar Pemerintah Provinsi Gorontalo, agar dapat lebih meningkatkan pemahaman kepada masyarakat terhadap pentingnya protokol kesehatan melalui beragam medium ruang. Antara lain, melalui kearifan lokal dan peran para tokoh masyarakat.

Berita Terkait : Perlindungan Diri, Benteng Pertahanan Utama Tenaga Kesehatan

“Kita gunakan media-media yang ramah digunakan oleh masyarakat. Misalnya sosialisasi melalui media sosial, televisi, pemberitaan media online, penggunaan poster, dan sebagainya sesuai bahasa lokal yang mampu dipahami masyarakat setempat,” lanjut Doni.

Dalam hal ini, penguatan literasi masyarakat tidak dapat dilakukan oleh pemerintah saja. Doni yakin, peran tokoh masyarakat dapat lebih didengar dan diterima dengan baik oleh masyarakat di daerah. “Pemerintah pusat maupun daerah serta masyarakat tidak bisa bergerak sendiri-sendiri. Kita harus bergerak bersama. Pemerintah daerah setempat dapat bekerja sama dengan tokoh-tokoh masyarakat yang dipercaya dan dihargai oleh masyarakat setempat. Sehingga, pemahaman tentang penerapan protokol kesehatan dapat diterima dengan baik,” tuturnya.
 Selanjutnya