RMco.id  Rakyat Merdeka - Menristek/Kepala BRIN, Prof. Bambang Brodjonegoro menerima penghargaan internasional Madhuri and Jagdish N. Sheth International Alumni Award for Exceptional Achievement 2020 dari University of Illinois Urbana-Champaign (UIUC), Amerika Serikat.

Hal ini diumumkan melalui laman resmi UIUC, Senin (12/10).

Baca Juga : Ngeri Juga Ngiri

Prof. Bambang Brodjonegoro, sosok berlatar belakang ekonom dan akademisi, dinilai layak untuk mendapatkan penghargaan tersebut atas dedikasinya terhadap pembangunan ekonomi di Indonesia. Bahkan, telah melahirkan berbagai terobosan kebijakan.

Saat menjabat Menteri Keuangan RI (2014-2016), Prof. Bambang menginisiasi sejumlah kebijakan penting, salah satunya adalah program pengampunan pajak (tax amnesty).

Baca Juga : Sudah Pandemi, Kena Resesi

Program solutif ini merupakan momentum yang berhasil mereformasi dunia perpajakan, memperluas basis pajak, dan meningkatkan rasio pajak di Indonesia.

Dalam tiga bulan pertama, program ini dapat menghasilkan pendapatan pajak sebesar Rp 137 triliun. 

Baca Juga : Isu Cerai, Gimmick Sinetron?

Saat menjabat Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala BAPPENAS (2016-2019), Prof. Bambang melanjutkan kontribusinya kepada rakyat Indonesia dengan mengeksekusi beberapa kebijakan yang revolusioner. 

Antara lain Program Kebijakan One Data and One-Map untuk meningkatkan efisiensi, akurasi dan keandalan manajemen data nasional.
 Selanjutnya