RMco.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) gencar melakukan sosialisasi penggunaan sepeda. Tren sepeda yang lagi marak bisa dimanfaatkan sebagai bentuk dari non motorized transportation (NMT) yang digunakan dalam tahapan first mile dan last mile saat akan menggunakan transportasi publik.

Berita Terkait : Kemenhub Genjot Kualitas Pendidikan Pelayaran

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, sepeda bisa menjadi bagian dari integrasi antarmoda yang baik dengan transportasi publik seperti kereta rel listrik (KRL), Mass Rapid Transit (MRT), dan Bus Rapid Transit (BRT).

Berita Terkait : Jaga Imunitas, BKS Pilih Timik-timik Setiap Pagi

Adapun, kegiatan sosialisasi dilakukan melalui acara Virtual Fun Bike yang diikuti oleh sekitar 4.000 pesepeda di 26 kota di Indonesia. “Bersepeda saat ini menjadi sebuah tren dan gaya hidup baru di tengah pandemi. Kami ingin sepeda menjadi salah satu pilihan moda transportasi bagi masyarakat untuk melakukan aktivitasnya sehari-hari, karena sepeda merupakan transportasi yang ramah lingkungan dan menyehatkan,” katanya, Sabtu (17/10).

Baca Juga : Anies Paling Siap Tangani Covid-19

BKS-sapaan akrab Budi Karya menegaskan, Kemenhub hadir memberikan jaminan keselamatan dan keamanan bersepeda bagi masyarakat dengan menerbitkan Peraturan Menhub No. 59 Tahub 2020 tentang Keselamatan Pesepeda di Jalan untuk menjamin keamanan dan keselamatan pengendara sepeda.
 Selanjutnya