Dongkrak Ekonomi Daerah

Program ESDM Terangi Jalan Gunung Kidul

Klik untuk perbesar

RMco.id  Rakyat Merdeka - Kepala Desa Ponjong Gunung Kidul, Yogyakarta Arif Fachrizal mengapresiasi kinerja pemerintah dalam menerangi Indonesia, khususnya seperti wilayahnya yang terpencil.

"Radius penerangan ini memang terbatas. Namun, karena di pasang di wilayah sentral jadi cukup terbantulah," katanya, Sabtu (16/3).

Berita Terkait : Eropa Larang Sawit, Program B20 Jalan Terus


Arif berharap agar pemasangan PJUTS di wilayahnya bisa bertambah. Karena, banyak daerah yang belum mendapatkan penerangan memadai. Selain itu, kata Arif, PJUTS ini mendongkrak ekonomi daerah. Karena, adanya penerangan yang cukup membuat etos kerja masyarakat meningkat.

Terkait penjagaan PJUTS, Arif mengaku selalu mensosialisasikan kepada warganya agar merawat dan menjaga PJU-TS dari tindakan kriminal.

Baca Juga : Polisi Cuma Bawa Gas Air Mata Dan Tameng

"Kami dengar di dusun sebelah ada yang pura-pura petugas PLN yang hendak membetulkan PJUTS, tapi ternyata malah mencuri. Jadi kalau ada indikasi-indikasi mencurigakan segera lapor ke saya," tegasnya.


Sebelumnya, Kementerian ESDM baru saja memasang 360 titik PJUTS di Yogyakarta. Kabupaten Gunung Kidul yang mendapatkan PJUTS sebanyak 330 titik.

Baca Juga : Terima Kekalahan Itu, Pahit Jenderal

Adapun dasar hukum Pemasangan PJUTS adalah Permen ESDM Nomor 12 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Energi Sumber Daya Mineral Nomor 39 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Kegiatan Fisik Pemanfaatan Energi Baru Dan Energi Terbarukan Serta Konservasi Energi. [UMM]

RM Video