RMco.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus bersaing  untuk meraih Anugerah Aparatur Sipil Negara (ASN)  2020 yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). 

Tim Kementerian PANRB tengah menyeleksi sejumlah calon Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Teladan ASN yang dinilai berkinerja baik dan berdampak nyata bagi masyarakat dan kementeriannya.

Salah satunya, Endra S Atmawidjaja, Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR. Di bawah komandonya, Biro Komunikasi Publik PUPR berhasil menjadi salah satu dari 6 kementerian yang sangat populer dan inovatif dalam menyampaikan informasi.  

Atas prestasi tersebut, Menteri PUPR,  Basuki Hadimuljono merekomendasikan Endra Atmawidjaja sebagai calon Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Teladan ASN  di 2020

Baca Juga : Zainudin Amali Dukung Batam Cetak Petinju Kelas Dunia

“Pak Endra merupakan figur ASN yang patut diteladani, baik dari sikap prilakunya, disiplinnya, kepatuhan dan kinerjanya,” ujar Basuki dikutip akun IG PUPR, Minggu (22/11).

Menteri PUPR juga mengucapkan terima kasih kepada tim Kementerian PANRB, karena salah satu Direktur PUPR terpilih menjadi calon pejabat pimpinan tinggi teladan yang akan diseleksi di ajang Anugerah ASN 2020.

“Keteladannya bekerja tidak diragukan. Banyak prestasi yang diraihnya selama pimpin Biro humas," tuturnya.

Sejak tahun 2016, Endra S Atmawidjaja didapuk pimpin Biro Komunikasi Publik PUPR hingga 2024.

Baca Juga : Jaga Kebugaran, Seskab dan Ketua MWA UI Gowes Bareng Hingga 41 Km

Sarjana teknik lingkungan jebolan Institut Teknologi Bandung  (ITB) ini berhasil membawa Kementerian PUPR menjadi rumah besar yang inovatif, transparan dan responsive dalam menyampaikan informasi.

Biro Komunikasi PUPR menjadi garda terdepan humas yang selalu siap dalam menyampaikan informasi dan siap merespon yang tidak positif. 

Sepanjang periode 2015–2019,  jumlah pemberitaan meningkat sebesar 421% dan memiliki jumlah followers capai 2000 %. Biro Komunikasi PUPR juga membangun sistem perencanaan dan monitoring komunikasi berbasis data riset, membangun call center, mal pelayanan publik, penggunaan podcast dan tik tok. 

Kemudian, juga membangun pedoman aplikasi indentitas visual, pameran virtual pembangunan infrastruktur dan konten kreatif lainnya, baik news video web series dan documentary video.
 

Ajang Anugerah ASN merupakan penghargaan bagi ASN, baik individu maupun organisasi yang telah memberikan kontribusi luar biasa dan secara nyata serta membangkitkan semangat dalam peningkatan kualitas aparatur. 

Baca Juga : Kasus Positif Nanjak 4.360, Positivity Rate 16,43 Persen

Penganugerahan bagi pemenang Anugerah ASN 2020 rencananya akan diserahkan oleh Menteri PANRB,  Tjahjo Kumolo pada, 11 Desember 2020.

Pemenang anugerah ASN akan mendapatkan sertifikat, serta dipertimbangkan untuk mendapat kenaikan pangkat luar biasa serta penghargaan lainnya.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi sistem penghargaan (reward) yang memberikan kontribusi positif terhadap budaya atau iklim dalam suatu organisasi serta dapat meningkatkan motivasi jajaran ASN di seluruh pelosok nusantara untuk lebih berkinerja dan berprestasi. [NOV]