RMco.id  Rakyat Merdeka - Di saat banyak warganya libur, Sabtu-Minggu ini, Presiden Jokowi masih tetap rapat kenegaraan. Semoga Pak Jokowi tetap sehat ya. 

Kesibukan akhir pekan ini dibagikan Jokowi lewat akun media sosial miliknya, yakni Twitter, Instagram dan Facebook. Ada dua postingan yang dibagikan Jokowi. Pertama, soal kesibukan Jokowi pada Jumat (20/11) malam mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Pacific Economic Cooperation (KTT APEC) di Negeri Jiran yang digelar secara virtual. “Dari Istana Bogor malam ini, saya menghadiri KTT APEC secara virtual, dengan tuan rumah Malaysia,” cuit Jokowi. 

KTT APEC ini mengusung harapan akan ketahanan, kelincahan, dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif di Asia-Pasifik melalui konsep kesejahteraan bersama selama pandemi. Dalam pidatonya, Jokowi menjelaskan tentang Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) yang akan memudahkan investor menanamkan modalnya di Indonesia. 

Berita Terkait : Presiden Jokowi Minta Kadin Pacu Kinerja Sektor Pangan

Dengan UU Ciptaker, Jokowi yakin iklim berusaha dan investasi semakin berkualitas bagi para pelaku bisnis, termasuk pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan investor asing. “Regulasi yang tumpang tindih dan prosedur yang rumit dipangkas. Rantai birokrasi perizinan yang berbelit-belit dipotong. Pungutan liar yang selama ini menghambat usaha dan investasi juga diberantas,” katanya. 

Di hari yang sama, Jokowi membagikan kegiatannya menghadiri KTT The Group of Twenty (G20) di Saudi Arabia. “Saya mengisi akhir pekan, kemarin dan hari ini, dengan menghadiri rangkaian KTT G20 di Kota Riyadh, Arab Saudi, secara virtual dari Istana Bogor. Selama dua hari ini, pemimpin G20 berdiskusi tentang upaya penanggulangan pandemi di bidang kesehatan dan pemulihan ekonomi global,” tulisnya. 

Jokowi tidak sendirian. Dia didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Sherpa G20 Indonesia Rizal Affandi Lukman yang juga menjabat sebagai Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. 

Baca Juga : Anies Dipuji-puji Anies Dicurigai

Dua hal yang menjadi fokus Presiden. Pertama, pendanaan bagi pemulihan kesehatan. Menurutnya, salah satu cara menjadi negara yang sehat melalui vaksin Covid-19. Sebab itu, seluruh negara harus mendapatkan vaksin, tanpa terkecuali. Kedua, dukungan memulihkan ekonomi dunia. Terkait hal tersebut, Konferensi Perserikatan BangsaBangsa (PBB) mengenai Perdagangan dan Pembangunan (UNCTAD) telah meminta dukungan dana 2,5 triliun dolar AS agar negara berkembang mampu keluar dari keterpurukan ekonomi. 

Eks Gubernur DKI Jakarta ini menilai, pemulihan ekonomi dunia memerlukan perhatian negara-negara G20. Salah satunya soal bantuan restrukturisasi utang untuk negara berpendapatan rendah. Selain itu, dukungan yang luar biasa bagi kebijakan fiskal, moneter, dan sektor keuangan menjadi sangat penting untuk terus diberikan bagi negara-negara berkembang agar pemulihan ekonomi dapat berjalan dengan waktu lebih cepat. 

Kesibukan Jokowi yang masih tetap kerja di akhir pekan, mendapat simpatik dari warga dunia maya. “Ndak libur ya Pak. Semangat Pak,” kata @emdeje. Akun @yudihardis ngebandingin kegiatannya dengan Presiden. “Acara mengisi akhir pekan bapak keren banget ya. Kalau saya, cuma di rumah aja. Ngasih makan kucing,” pujinya. 

Baca Juga : JK Kalem

Ada juga yang mendoakan. “Semoga Allah SWT selalu menjaga Presidenku Jokowi. Sehat dan semangat Pak Presiden. Rakyat selalu mendukungmu,” ucap @RD_4WR1212. “Amin,” samber @SaintDaud. “Pak Presiden @jokowi tak kenal lelah. Nyaris tidak pernah libur, meski weekend. Terus bekerja, kerja, kerja ikhlas untuk melayani rakyatnya. Pak Jokowi jaga kesehatan ya, abaikan semua fitnah. Gusti ora sare,” cuit akun @nengherba. 

Akun @hs_saut mengatakan, untung saja rapat digelar virtual. “Ada manfaatnya juga ya pak semua pake virtual. Hemat biaya banyak sekali. Toh KTT-nya tetap bisa manfaatnya berjalan dengan baik kok, sama-sama efektif juga. Bedanya hanya hadir secara fisik dan tidak saja sukses. Sehat selalu Bapak Presiden 2024-2029. Amin,” tuturnya. [MEN]