RMco.id  Rakyat Merdeka - Ketua Tim Pelaksana Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) Erick Thohir meminta masyarakat, agar tidak mengabaikan protokol kesehatan. Sebab, angka penularan Covid-19 masih cukup tinggi.

"Orang-orang yang berkegiatan di luar rumah harus memakai masker, menjaga jarak, sering mencuci tangan pakai sabun serta menghindari kerumunan," ujar Erick kepada Rakyat Merdeka di Jakarta, Selasa (1/12) siang ini.

Erick menegaskan, kedisiplinan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan 3M: memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun akan mampu memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

Berita Terkait : Jangan Lupa Ya, Penting Ikuti Protokol Kesehatan

Menteri BUMN juga meminta mereka yang bekerja di kantor dan tempat-tempat publik seperti pasar, bandara, pelabuhan, stasiun kereta api dan terminal bus agar selalu mematuhi protokol kesehatan.

"Harus saling mengingatkan satu sama lain mengenai pentingnya 3M. Kalau ada yang mulai lengah, harus secepatnya diingatkan. Jangan sekali-kali mengabaikan 3M," tuturnya.

Erick juga berharap, penerapan protokol kesehatan yang ketat, tidak hanya dilakukan masyarakat di perkotaan, tetapi juga di pedesaan dan daerah padat penduduk.

Berita Terkait : Tak Cuma Bentengi Daya Tahan Tubuh, Vaksinasi Juga Bikin Tenaga Kesehatan Makin Termotivasi Perangi Covid-19

Sosialisasi mengenai pentingnya penerapan 3M harus terus dilakukan. Baik di tingkat pusat, provinsi, maupun kabupaten dan kota.

"Kalau sebagian besar masyarakat mematuhi protokol kesehatan, kita bisa lebih cepat menurunkan angka penularan Covid-19," tegas Erick. [KI]