RMco.id  Rakyat Merdeka - Penyidik Polda Metro Jaya akan menunggu kehadiran  Rizieq Shihab (RS) dan menantunya, Hanif Alatas (HA) hingga Selasa malam. 

Jika keduanya tidak penuhi pemeriksaan hari ini, penyidik Polda Metro akan melayangkan surat panggilan kedua kepada  RS dan HA.
 
"Kami tunggu hingga Selasa malam ini. Jika tidak hadir juga, kita layangkan surat panggilan kedua terhadap RS dan HA pada, Kamis (3/12)," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol, Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Selasa (1/12).

Yusri menjelaskan, keduanya akan diperiksa sebagai saksi kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan (Prokes) yang terjadi di Petamburan, Sabtu (14/11).

Berita Terkait : Razia Kerumunan, Polisi Amankan 2 Orang Positif Covid

"Kita jadwalkan kembali pemanggilan kedua kepada RS dan HA pada Kamis untuk hadir memenuhi panggilan penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya," ujarnya.

Polda Metro Jaya telah meningkatkan status kasus dugaan pelanggaran prokes kerumunan massa RS dari penyelidikan ke penyidikan.

Selain di Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat juga telah menaikkan status dugaan pelanggaran prokes karena adanya kerumunan terkait acara RS di Megamendung, Bogor, ke penyidikan.

Berita Terkait : Akhir Tahun, Layanan Samsat Di Wilayah Jakarta Diliburkan

Dengan demikian, penyidik telah menemukan adanya unsur dugaan pelanggaran pidana di dua lokasi tersebut.

Dalam kasus ini, penyidik menduga telah terjadi pelanggaran Pasal 14 ayat 1 Undang-undang nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular. 

Kemudian Pasal 93 Undang-undang Nomor 6 tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan dan Pasal 216 Kitab Undang Hukum Pidana (KUHP). [FIK]