Jokowi Resmikan MRT Jakarta

Klik untuk perbesar
Presiden Jokowi bersama Gubernur Anies Baswedan dan para menteri meresmikan MRT Jakarta di Bundaran HI, Jakarta (24/3). (Foto: Dwi Pambudo/RM)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi meresmikan Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta Fase I Rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI), Minggu (24/3) pagi. Jokowi tiba dilokasi sekitar pukul 08.30 WIB.

Jokowi mengenakan kaos lengan panjang warna abu-abu dan celana jeans. Sebelum sampai ke tempat lokasi di Bundaran HI, Jokowi naik MRT Jakarta dari Stasiun Istora Mandiri menuju Stasiun Bundaran HI. Dia ditemani sejumlah menteri dan artis.

Dari Stasiun Bundaran HI ke panggung acara, Jokowi harus membelah lautan manusia yang berkumpul di tempat tersebut. Sejak pagi masyarakat memang sangat antusias menunggu peresmian MRT Jakarta. Mereka sekalian olah raga di car free day.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah datang terlebih dahulu di depan HI untuk menyambut Jokowi. Usai saling sapa dan bersalaman, keduanya pun berjalan beriringan menuju panggung.

Berita Terkait : Jokowi Berharap, Pasar Sukawati Bali Jadi Pasar Modern


Kehadiran Jokowi ini ditunggu-tunggu oleh lautan masyarakat. Masyarakat berebutan mendekat dan mau berfoto. Paspampres pun harus ekstra beri penjagaan. Sesampainya di atas panggung, Jokowi sangat kelelahan. Keringatnya bercucuran dan langsung dielapnya. Dia juga langsung minum.

"Dengan mengucapkan bismillahirohmanirahim, MRT fase pertama saya nyatakan dioperasikan, sekaligus MRT fase II hari ini kita mulai lagi," ujar Jokowi.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan, MRT Jakarta merupakan peradaban baru. Dan, ini merupakan yang pertama di Indonesia. “Dengan diresmikannya MRT Jakarta fase pertama ini menciptakan sebuah peradaban baru transportasi,” ujarnya.

Jokowi pun meminta agar masyarakat menjaga MRT Jakarta. Misalnya, dengan tidak membuang sampah sembarangan. “Yang belum coba silakan coba. Tapi jaga kebersihannya. Agar MRT tidak kotor,” ujarnya.

Berita Terkait : Anies Diam Siang, Bicara Malam

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, rute pertama ini akan mulai beroperasi awal April 2019. Sampai dengan awal April, operasi MRT Jakarta akan dimulai pukul 05.30 WIB-22.30 WIB. Setelah April akan operasi lebih pagi dan malam. “Mulai pukul 05.00 WIB sampai 24.00 WIB,” katanya.


Menurut dia, MRT Jakarta sudah terintregrasi dengan moda transportasi Trans Jakarta. Bahkan, nantinya akan terhubung dengan kereta api dan Commuter Line. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada presiden dan gubernur DKI Jakarta sebelumnya.

Peresmian ditandai dengan pemencetan tombol oleh Jokowi bersama Anies dan para menteri. Dalam kesempatan ini, Jokowi juga pencanangan pembangunan MRT Jakarta Fase kedua.

Untuk tarif, hingga akhir Maret, tarif MRT Jakarta masih gratis. Tarif baru dikenakan mulai 1 April. MRT Jakarta akan mengeluarkan dua jenis kartu, yaitu yang singel trip dan multitrip. Untuk singel trip tarifnya Rp 15.000 dan untuk multi trip Rp 25.000.

Berita Terkait : Presiden Jokowi Lantik Arinal dan Chusnunia Sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung

Pada kesempatan ini hadir juga Menko Polhukam Wiranto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Desa dan Daerah Tertinggal Eko Sandjojo, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Menteri Sosial Agus Gumiwang, Kepala Bekraf Triawan Munaf, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Hadir juga Sutiyoso dan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi. [DIT]

RM Video