Mensos Gelorakan Restorasi Sosial

Klik untuk perbesar
Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita, di Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, kemarin. (Foto : twitter@kemensosRI)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Menjelang 15 hari pencoblosan, masyarakat diminta menjaga toleransi antar kubu dan sesama umat beragama. “Kita harus mampu men­ciptakan toleransi, keru­kunan dan ketentraman meski berbeda pilihan. Dan bangsa ini tidak akan punah. Ribuan kilometer jalan tol, puluhan bandara, embung, dan infrastruktur lain telah dibangun,” kata Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Karta­ sasmita, di Kota Lubuk­ linggau, Sumatera Selatan, kemarin.

Agus mengatakan, di era industri 4.0 ini sangat memberikan banyak man­faat. Tapi di sisi lain, ber­dampak negatif seperti maraknya informasi hoaks yang kontraproduktif dalam usaha membangun bangsa. “Kita gelorakan kembali restorasi sosial. Dari bawah atas prakarsa masyarakat. Saya yakin, tingginya ko­ mitmen pilar sosial men­cegah masalah sosial dan melindungi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), akan den­gan mudah menangkal bahaya pengaruh hoaks,” bebernya.

Berita Terkait : Airlangga Genjot Investasi Korsel


Seruan memerangi hoaks juga disampaikan Agus, 5 jam sebelumnya, da­lam puncak acara Gebyar Harmoni Kebangsaan 2019 di Lapangan Perbakin, Kayu Ara, Lubuklinggau. “Melalui harmoni ke­ bangsaan ini, saya menga­ jak seluruh peserta untuk meneguhkan rasa persatuan dan kesatuan di tengah perbedaan politik yang ada. Harmoni kebangsaan untuk persatuan menjadi komit­ men mewujudkan pemilu damai bagi kita semua,” katanya. “Termasuk menghargai pandangan, budaya, dan pilihan orang lain,” sambung Agus.

Ditegaskan, hoaks itu salah satu sumber muncul­nya masalah sosial. Jika dibiarkan, akan merusak sendi-sendi kehidupan ber­bangsa dan bernegara. “Saya kebetulan orang Islam. Semua agama juga sama, bohong itu dila­rang. Apalagi menyebar­kan kebohongan, fitnah. Kita harus memerangi hoaks, salah satu caranya saring sebelum saring,” tuturnya.

Berita Terkait : Ditjen Pangan Genjot Ekspor dan Investasi bidang Tanaman Pangan

Tidak hanya itu Mensos juga memberikan ban­tuan sosial secara simbolis yakni bantuan keserasian sosial kepada 12 Forum Keserasian Sosial, bantuan kearifan lokal kepada 11 kelompok/lembaga, ban­ tuan dapur umum roda tiga untuk Dinas Sosial Kota Lubuklinggau serta penye­ rahan sertifikat pembina pelopor perdamaian ke­ pada 17 Walikota/Bupati se-Sumatera Selatan.


Kemudian, Agus me­ninjau Kemah Kebangsaan serta menjadi saksi pemeca­han rekor makan bersama Alpukat dan Gula Aren dengan peserta dua ribu orang. Di lapangan itu, para peserta juga meneriak­kan yel-yel kebangsaan, sembari diiringi Meraih Bintang, lagunya Via Vallen yang telah diaransemen ulang untuk lagu kampanye Jokowi-Maruf. [GO/QAR]