RMco.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden Jusuf Kalla meninjau lokasi rekonstruksi dan rehabilitasi pascabencana gempa bumi di DesaTeratak, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah.

Wapres menyempatkan berdialog dengan warga korban bencana untuk mendengarkan ucapan terima kasih dan permintaan warga terkait proses rekonstruksi.

Berita Terkait : Wapres Tak Ikut Vaksinasi Tahap Pertama, Ini Alasannya

"Tentu apa yang diberikan ini agar dipelihara dengan baik, disyukuri, dan tentu didoakan kepada semua yang membantu. Insya Allah akan selesai semua pada waktunya," kata Wapres di Lombok dalam keterangan tertulisnya pada Sabtu (6/4).

Selama proses rekonstruksi dan rehabilitasi, Wapres mengatakan, Pemerintah akan selalu membantu masyarakat dalam membangun kembali daerah pascabencana. Pembangunan kembali daerah pascabencana tersebut akan berlangsung lancar apabila masyarakat sekitar juga turut bekerja keras bersama dengan aparat Pemerintah.

Baca Juga : Gercep, WIKA Bantu Korban Gempa Sulbar dan Banjir Kalsel

"Tentu kita berdoa jangan sampai ada musibah, tapi kalau terjadi maka Pemerintah, baik pusat dan daerah, TNI, Kementerian PUPR dan relawan selalu siap sedia membantu masyarakat untuk mengurangi kesulitan," jelasnya.

Dalam peninjauan tersebut, Wapres JK didampingi oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo, Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah dan Danrem 162/Wirabakti Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani.

Baca Juga : Komite Mahasiswa Indonesia Yakin, Listyo Jadi Calon Kapolri Karena Kualitas

Menurut Rizal Pemerintah telah mencairkan dana sebesar Rp110 miliar, di antaranya telah disalurkan untuk pembangunan rumah sebesar Rp5 miliar dan bantuan langsung untuk masyarakat sebesar Rp2,9 miliar. Pewarta: Fransiska Ninditya. [IPL]