Umroh Setelah Debat

Jokowi Dimuliakan Raja Saudi

Klik untuk perbesar
Presiden Jokowi disambut hangat Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud, di Istana Pribadi Raja (Al Qasr Al Khas). (Foto: Biro Pers)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Usai debat pamungkas, Jokowi langsung umroh bersama Ibu Iriana dan putra-putranya. Tiba di Saudi, Jokowi disambut, dijamu, diistimewakan juga dimuliakan oleh Raja Saudi, Raja Salman bin Abdul Aziz.

Jokowi bertolak ke Saudi, Minggu (14/4) dini hari kemarin dari Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Jokowi tiba di Bandara Internasional King Khalid, Riyadh, Arab Saudi kemarin pagi, pukul 08.50 waktu setempat.

Jokowi disambut Gubernur Riyadh, Pangeran Faisal bin Bandar Al Saud dan Menteri Perdagangan dan Investasi Arab Saudi, Majid Bin Abdullah Al Qasabi, serta Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh. Setelah dijamu Gubernur Riyadh, Jokowi bertolak ke Istana Riyadh.

Tiba pukul 13.50 waktu setempat, Jokowi langsung disambut Raja Salman di halaman depan Istana Pribadi Raja atau Al Qasr Al Khas.

Berita Terkait : Koalisi Jokowi Tak Mau Bubar


Jokowi dan Raja Salman begitu akrab. Saat salaman, Jokowi memegang erat telapak tangan juga pergelangan tangan kanan Raja Salman. Raja Salman yang tangan kirinya memegang tongkat, seperti menundukkan kepala sambil menatap Jokowi. Mereka melempar senyum penuh kehangatan.

Jokowi dan Ibu Iriana berbincang sebentar dengan Raja Salman di ruang tunggu utama.

“Saya merasa berbahagia sekali karena hari ini diundang Sri Baginda Raja ke Istana ini,” ungkap Jokowi kepada Raja Salman. Raja Salman juga mengaku senang dengan kedatangan Jokowi. “Saya juga senang Presiden Jokowi bisa memenuhi undangan saya,” timpalnya.

Setelah berbincang sebentar di ruang utama, Jokowi dijamu makan oleh Raja Salman. Jokowi disuguhi menu khas Timur Tengah. Antara lain sup harira, daging iga sapi, nasi mandhi dengan ayam, dan sejumlah makanan penutup dan manisan khas Saudi.

Berita Terkait : Ditemani Iriana, Jokowi Sholat Id di Istiqlal

Turut mendampingi Jokowi dan Ibu Iriana antara lain Menlu Retno Marsudi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel. Dua putra Jokowi, Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming Raka juga ikut.


Selepas jamuan santap siang, Jokowi dan Raja Salman bicara soal kemajuan kedua negara. Materi pembicaraan Jokowi dan Raja Salman soal ini, diungkap Menteri Retno. “Pak Jokowi dan Raja Salman sepakat meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi,” kata Retno.

Dalam pertemuan itu juga, sambung Retno, Jokowi menyampaikan apresiasi dari masyarakat Indonesia atas kuota tambahan sebesar 10 ribu bagi jemaah haji dari tanah air.

“Raja Salman juga menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kepemimpinan Indonesia di dalam menjaga stabilitas kawasan dan dunia,” ucap Retno.

Berita Terkait : Presiden Jokowi Akan Perpanjang Landasan Pacu Abdul Rahman Saleh

Ia menambahkan, pertemuan bilateral itu turut memperlihatkan apresiasi Raja Salman terhadap Indonesia atas kepemimpinan di dunia Islam. “Dari pembicaraan tadi, tampak sekali kedekatan antara kedua kepala negara,” ungkapnya.

Setelah pertemuan dengan Raja Salman, Jokowi bertolak ke Jeddah pada malam harinya. Jokowi lalu melaksanakan ibadah umroh selama dua hari. “Mohon doa dari seluruh rakyat Indonesia, semoga perjalanan kami lancar dan dimudahkan oleh Allah SWT,” pinta Jokowi yang ditulisnya di facebook, Minggu (14/4).


Jokowi akan menjalani ibadah umroh selama dua hari. Direncanakan, Jokowi tiba kembali di Jakarta Senin (15/4) malam. [OKT]

RM Video