Kementan Jamin, Pasokan Cabe dan Bawang Selama Puasa dan Lebaran Aman

Klik untuk perbesar
Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian Suwandi (kanan). (Foto: Dok. Kementan)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) Suwandi memastikan, pasokan cabe dan bawang merah sangat mencukupi untuk memenuhi kebutuhan selama Puasa hingga Lebaran tahun ini. Suwandi pun optimistis, harga bawang merah dan cabe bisa terkendali.

"Sesuai arahan Menteri Pertanian (Amran Sulaiman) untuk menjaga pasokan dan stabilisasi harga, dua komoditas hortikultura, yakni cabe dan bawang merah, kami jamin aman. Sangat mencukupi kebutuhan," kata Suwandi.

Suwandi memastikan, pasokan bawang merah sudah kembali normal. Harga di pasar induk juga sudah di bawah Rp 20 ribu per kilogram. Sentra-sentra besar bawang merah seperti Brebes, Nganjuk, Demak, Grobogan, hingga Bima sudah memasuki panen.

Berita Terkait : Jeli Lihat Peluang, Babel Kembangkan Agroindustri Tapioka dari Singkong Lokal

“Pasokan dan harga di pasar induk terpantau normal. Tren pasokan dan harga stabil ini akan terus berlanjut sampai Lebaran nanti. Begitu juga cabe, sangat aman. Untuk jenis cabe merah besar, dalam beberapa hari ke depan juga akan terkoreksi normal seiring panen di Parakan, Muntilan, hingga Pujon Malang. Aman semua," tambahnya.


Terkait bawang putih, Suwandi menegaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk memastikan pasokan dan harga bisa kembali normal. “Terkait bawang putih, Kementan bersama Kemendag kompak memastikan pasokan akan segera normal seiring dengan mulai diterbitkannya surat persetujuan impor kepada beberapa importir," jelas dia.

Suwandi memastikan, pasokan bawang putih akan segera terisi dari impor. Kementan sudah menerbitkan rekomendasi impor yang kemudian disusul dengan terbitnya izin impor dari Kemendag. Jumlahnya sekitar 115 ribu ton.

Berita Terkait : Keuntungan Tanam Kacang Hijau Menggiurkan

“Artinya, pasokan cukup untuk kebutuhan Puasa dan Lebaran nanti. Surat rekomendasi impor berikutnya juga akan segera menyusul," tukasnya.

Direktur Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting, Ditjen Perdagangan Dalam Negeri, Kemendag, Tuti Prahastuti, menyebutkan terdapat 4 komoditas pangan yang perlu diwaspadai dan dijaga stabilitas pasokan dan harganya jelang Puasa tahun ini. Yaitu bawang putih, bawang merah, cabe, dan daging ayam.

"Kami sudah cek ke beberapa gudang importir untuk memastikan ketersediaan bawang putih. Operasi Pasar bawang putih juga sudah kami lakukan di delapan provinsi yang peningkatan harganya di atas 20 persen," sebutnya.

Berita Terkait : Kementan Harmonisasikan Indonesia GAP dengan ASEAN GAP Guna Tingkatkan Ekspor Hortikultura


Dia pun optimistis, harga bawang putih bisa segera stabil menjelang Ramadan. "Seiring dengan diterbitkannya persetujuan impor, mudah-mudahan pasokan kembali normal terutama saat Puasa dan Lebaran nanti," lanjut Tuti. [KAL]