Jelang Arus Mudik, Dinkes Kota Tangerang Siapkan 5 Posko Kesehatan

Ilustrasi Posko Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Tangerang saat arus mudik. (Foto: Istimewa).
Klik untuk perbesar
Ilustrasi Posko Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Tangerang saat arus mudik. (Foto: Istimewa).

RMco.id  Rakyat Merdeka - Menjelang arus mudik lebaran, Dinas kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang sedang mempersiapkan segala keperluan. Mereka akan mendirikan posko di 5 titik.

Posko itu rencananya didirikan di titik-titik dengan tingkat kepadatan arus lalu lintas tinggi, rawan kemacetan dan rawan kecelakaan. Kelima posko tersebut berada di Jalan Jenderal Gatot Subroto di depan PT Gajah Tunggal, Pertigaan Jalan Jenderal Sudirman di depan Tangerang City Mall, di depan CBD Ciledug, Batuceper, dan Terminal Poris Plawad.

Dijadwalkan, H-8 Idul Fitri posko kesehatan sudah berdiri sehari sesudahnya atau H-7 Idul Fitri petugas sudah langsung disiagakan.

Baca Juga : Persiapan Ekspansi, Citilink Datangkan Pesawat Berbadan Lebar Airbus A330-900 Neo

Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Primier dan Kesehatan Tradisional Dinkes Tangerang Sutanto mengatakan, pendirian posko kesehatan dimaksudkan untuk memberikan pelayanan kesehatan.

Selain itu juga sebagai antisipasi jika terjadi kejadian luar biasa seperti keracunan dan kecelakaan bagi para pemudik selama arus mudik dan balik lebaran.

“Jadi Kita tempatkan posko itu di jalan yang dilewati oleh para pemudik dan yang arusnya paling tinggi. Bagi para pemudik yang ingin berisirahat atau mengecek kesehatan bisa kami langsung ke posko. H-7 kita bertugas dan dibubarkan pada H-7 juga,” ujarnya, Jumat, (17/5).

Baca Juga : Dalami Kasus Teror Novel Baswedan, DPR Bakal Panggil Kapolri

Untuk menentukan titik yang tepat kata Sutanto pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi yang terlibat yakni Polres Metro Kota Tangerang.

“Kita juga sudah koordinasi dengan beberapa intansi seperti Dishub dan Polres,” imbuhnya.

Guna mendukung operasional posko kesehatan setiap posko disiagakan tim reaksi cepat. Yang didukung peralatan penunjang medis dan obat-obatan, satu unit ambulans serta 4 orang perawat dan 1 dokter. Ditambah dari petugas kepolisian serta Dishub kota Tangerang. Mereka yang bertugas terbagi dalam 2 ship pagi dan malam.

Baca Juga : Pelaku Penyiraman Novel Dipindah ke Bareskrim Polri

“Kita sediakan Ambulance juga untuk tindakan cepat. Ada sekitar 5 petugas dengan 1 dokter di setiap posko nanti dibantu juga dari kepolisian dan Dishub. Sedangkan terkait dengan kita tidak membuka posko 24 jam karena kita punya UGD,” ujarnya.

Selain Mendirikan posko kesehatan Dinkes Kota Tangerang juga membuka pelayanan kesehatan di Puskemas maupun Rumah Sakit. “Kalau di Puskesmas kan kita sudah ada yang 24 jam,” pungkasnya. [FAN/MDE]