Airlangga Lantik Empat Pejabat Baru

Klik untuk perbesar
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto lantik pejabat Eselon I di Gedung Kemenperin, Jakarta, Kamis (13/6). (Foto: Kemenperin)

RMco.id  Rakyat Merdeka -
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto melantik 4 Pejabat Pimpinan Tinggi Madya atau Pejabat Eselon I di Lingkungan Kementerian Perindustrian (Kemenperin). 

Adapun pejabat Eselon I yang dilantik adalah Abdul Rochim sebagai Direktur Jenderal Industri Agro serta Doddy Rahadi sebagai Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional. Selanjutnya, Eko Suseno Agung Cahyanto sebagai Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri dan Masrokhan sebagai Staf Ahli Menteri Bidang Komunikasi.


Airlangga mengatakan, pemerintah melakukan perubahan struktur organisasi Kemenperin berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 69 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2015 Tentang Kementerian Perindustrian.  Salah satu langkah yang dilakukan adalah membentuk Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) yang bertugas menyelenggarakan pembangunan SDM industri.

Berita Terkait : BPPLOP Jateng Laksanakan Seleksi Penerimaan Siswa Baru

"Perubahan struktur Kemenperin juga bertujuan untuk memacu kompetensi kinerja institusi, serta mempercepat pelaksanaan tugas-tugas prioritas Kemenperin. Baik di bidang operasional maupun pengawasan,” katanya di Gedung Kemenperin, Jakarta, Kamis (13/6). 

Airlangga mengingatkan, kepada para pejabat yang baru dilantik, bahwa Kemenperin memiliki program kerja acuan yang akan dijalankan pada 2019.


Program prioritas Kemenperin antara lain menetapkan kebijakan industri 4.0 melalui Indonesia Industry 4.0 Readiness Index (Indi 4.0) untuk acuan kesiapan perusahaan dalam bertransformasi. Kemudian, menyiapkan SDM industri dan fasilitas industri melalui program vokasi dan link and match antara Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan industri, serta program e-Smart IKM.

Berita Terkait : Pengembangan Melati Tingkatkan Pendapatan Masyarakat Banjar

Kemenperin juga menyusun Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang road map Making Indonesia 4.0 dan regulasi terkait super tax deduction. Selanjutnya, membuat ekosistem inovasi melalui pusat inovasi dan pengembangan SDM. “Kita juga mengkampanyekan Making Indonesia 4.0 untuk menggaet investasi, dan juga mengekspor produk inovasi kita, misalnya dalam Hannover Messe 2020,” jelas Airlangga.

Ia mengungkapkan, para Pejabat Eselon I yang dilantik berusia relatif lebih muda, dibanding pejabat-pejabat sebelumnya. Sehingga, diharapkan bisa menjadi jembatan bagi generasi-generasi selanjutnya di jajaran Kemenperin.


“Karena itu, saya harap kontribusi dan kerja sama saudara sekalian untuk mencapai target dari program prioritas Kemenperin, melalui inovasi nyata dan perbaikan yang konkret,” pesannya. [DIT]

RM Video