Bertemu Presiden Argentina

Jokowi Jualan Pesawat Terbang Dan Kereta Api

Klik untuk perbesar
Jokowi menerima kunjungan Presiden Republik Argentina Mauricio Macri dan Ibu Negara Juliana Awada di Istana Presiden Bogor, Jawa Barat, Rabu (26/6).

RMco.id  Rakyat Merdeka - Kemarin, Jokowi menerima kunjungan Presiden Republik Argentina Mauricio Macri dan Ibu Negara Juliana Awada di Istana Presiden Bogor, Jawa Barat.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi membicarakan hasil produk industri RI, yaitu pesawat terbang dan kereta api. Selain itu, dalam pertemuan bilateral ini, Indonesia-Argentina juga meningkatkan kerja sama bidang perdagangan, pertanian, dan industri strategis.

“Argentina merupakan mitra perdagangan terbesar kedua Indonesia di Amerika Selatan. Tadi kami telah membahas peningkatan kerja sama ekonomi, khususnya di bidang perdagangan, pertanian dan industri strategis,” kata Jokowi. 

Berita Terkait : Argentina Lumat Meksiko, Martinez Cetak Hattrick

Dalam pertemuan itu, Indonesia berupaya menyeimbangkan neraca perdagangan dengan Argentina. Salah satu upaya yang dilakukan Jokowi, dengan menawarkan berbagai produk dan jasa yang dimiliki industri strategis Indonesia, mulai dari produk pesawat hingga lokomotif kereta api. 


“Dalam pertemuan tadi, saya juga menawarkan berbagai produk dan jasa yang dimiliki industri Strategis Indonesia. PT Dirgantara Indonesia (PT DI), menawarkan pesawat. PT GMF menawarkan kerja sama dalam jasa pemeliharaan pesawat. PT INKA menawarkan produk lokomotif dan gerbong berstandar internasional,” ujar Jokowi. 

Mantan Walikota Solo itu, turut merespons positif kerja sama bidang teknologi pertanian dengan Argentina. Untuk meningkatkan kerja sama di bidang pendidikan, perdagangan dan investasi, Jokowi dan Mauricio juga menandatangani nota kesepahaman (MoU) di bidang-bidang tersebut. 

Berita Terkait : Argentina Vs Meksiko, Badai Cedera Terus Bertiup

“Sebagai sesama negara agraris, saya melihat potensi kerja sama di bidang pertanian. Saya menyambut baik kerja sama pengembangan sistem teknologi pertanian sebagai implementasi dari rencana aksi kerja sama pertanian antara Argentina dan Indonesia,” papar Jokowi. 

Diterangkan Jokowi, Argentina merupakan mitra penting bagi Indonesia. Salah satunya sebagai pintu masuk produk Indonesia ke pasar Amerika Latin. 

Sejumlah produk yang didorong ekspornya ke Argentina adalah tekstil dan buah tropis. Selain itu, Indonesia juga mengekspor mesin dan peralatan listrik ke Argentina. Ekspor ke ¬Argentina berusaha ditingkatkan guna menekan defisit neraca dagang antara kedua negara yang tahun lalu mencapai 1,2 miliar dolar AS. 

Berita Terkait : Fraksi PPP: Pemberantasan Korupsi Butuh Paradigma Baru


Argentina juga merupakan negara tujuan ekspor terbesar kedua bagi Indonesia di kawasan Amerika Selatan. Total perdagangan kedua negara pada 2018 sebesar 1,68 miliar dolar AS, naik 17,96 persen dibandingkan 2017. [NOV]