Lampu Surya Gratis

99 Persen Rakyat Terlistriki Tahun Ini

Klik untuk perbesar
Menteri ESDM Ignasius Jonan saat membagikan lampu LTSHE di NTT. (Foto: Humas ESDM)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Masih ada sekitar 2.500 desa belum menikmati listrik sama sekali. Sebagai solusi sementara, diberikan paket lampu tenaga surya hemat energi (LTSHE) bagi rumah tak berlistrik di pelosok Tanah Air.

Paket yang terdiri dari panel surya, 4 lampu dan baterai serta charger HP telah diberikan untuk lebih dari 250 ribu rumah tak berlistrik. Hingga tahun 2019, kumulatif total yang dibagikan sebanyak 350 ribu rumah. LTSHE  telah mampu mengubah hidup masyarakat di wilayah yang sebelumnya gelap gulita.

Berita Terkait : Jonan Waswas Penurunan Tanah Di Jakut Makin Masif

Aktivitas yang biasanya tidak bisa dilakukan di malam hari, seperti belajar, kini bisa diterapkan oleh anak- anak usia sekolah di wilayah-wilayah yang mendapatkan LTSHE.

“Selama saya mengajar 8 tahun, kami sebagai guru sukarela untuk turut membantu saja. Siswa dari kelas 1 sampai kelas 6 jumlahnya 610 siswa. Saya melihat dari (pemerintah) pusat baru kali ini datang membawa lampu surya, saya sangat berterima kasih. Karena anak-anak sekolah belajar di sekolah saja dan tidak pernah belajar di kampung atau honai- honai. Bantuan lampu gratis ini membuat saya merasa sangat bersyukur. Saya berharap, anak- anak di sini bisa (menjadi) anak yang pintar, anak yang bisa membangun daerah kami,” demikian ungkapan Yosafat Kuebu, Warga Distrik Puldama, Kabupaten Yahukimo, Papua, akhir tahun lalu.

Berita Terkait : Mitsubishi Studi Mobil Listrik Di Pulau Sumba

Sementara, Vincent Iyai, Warga Distrik Kamu, Kabupaten Dogiyai, Provinsi Papua juga mengungkapkan bahwa penerangan LTSHE sangat membantu anak- anak dalam belajar di malam hari.

Pemasangan LTSHE di Kabupaten Dogiyai merupakan usulan Pemerintah Daerah Papua dan telah terpasang 100 persen di semua rumah. Selain Dogiyai, pemerintah juga membagikan LTSHE kepada 9 kabupaten lainnya di Papua, yaitu Yakuhimo, Puncak Jaya, Intan Jaya, Mappi, Boven Digoel, Mimika, Paniai, Nduga dan Puncak.

Berita Terkait : Pertamina Group Borong 9 Penghargaan Subroto 2019

Di sisi lain, PLN terus melistriki masyarakat. Tercatat rasio elektrifikasi hingga Semester 1 tahun 2019 mencapai 98,8 persen, naik 14 persen dalam 4 tahun terakhir. Tahun 2019 ini ditargetkan mencapai lebih dari 99 persen. [TIM]

RM Video