Harga Bawang Putih Kuras Kantong

Di China Rp 6 Ribu, Di Sini Rp 68 Ribu

Klik untuk perbesar

RMco.id  Rakyat Merdeka - Harga bawang putih bikin geleng-geleng kepala. Harganya terus merangkak naik. Pantauan Rakyat Merdeka di pasar tradisional, harga bawang putih cutting tembus Rp 68 ribu per kilogram (kg). Padahal normalnya cuma Rp 25 ribu per kg. Harga itu naik berkali-kali lipat jika dibandingkan dengan harga di negara pembelian, China, hanya Rp 6 ribu per kg. 

Ketua Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Abdullah Mansuri mengungkapkan, tingginya harga bawang putih di pasar karena para pedagang membeli di bandar sudah tinggi. Tidak mungkin pedagang menjual murah nanti bisa rugi. 

“Para pengecer paling ambil untung nggak banyak, hanya Rp 1.000 per kg,” ungkap Mansuri kepada Rakyat Merdeka, kemarin. 

Mansuri memastikan, operasi pasar dilakukan pemerintah tidak mampu menekan harga. Hanya turun saat terjadi operasi pasar saja. 

Berita Terkait : Pasuruan Punya Potensi 3 Ribu Hektare Lahan Bawang Putih


Menurut Mansuri, untuk menekan harga bawang putih, harga di tingkat bandarnya yang perlu ditekan. 

Dia menuturkan, para pedagang ketar-ketir harga bawang putih akan terus melambung karena bulan puasa tinggal dua pekan lagi. “Permintaan akan tinggi dan harga tentu akan naik lagi,” ungkapnya. 

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Tjahja Widayanti berjanji akan terus melakukan operasi pasar (OP) untuk mengendalikan harga bawang putih. 

“Kami akan terus mengadakan operasi pasar demi ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga. Kami jual Rp 25 ribu per kg dengan pembelian yang dibatasi,” ungkap Tjahja. 

Berita Terkait : Impor Sudah Tiba, Pasokan Bawang Putih untuk Puasa dan Lebaran Dijamin Aman

Tjahja mengakui operasi pasar belum bisa menurunkan harga secara signifikan. Karena, proses penurunan bertahap sampai bawang putih impor masuk. 


Seperti diketahui, Kemendag akhirnya mengeluarkan izin kepada 7 perusahaan untuk melakukan impor bawang putih dengan kuota sebanyak 100 ribu ton. Namun demikian, Kemendag belum bisa memastikan, kapan komoditas itu masuk ke Indonesia. Sebelumnya Perum Bulog pernah menyampaikan jika mendapatkan izin impor akan menjual bawang putih di bawah Rp 20 ribu per kg. 

Pengamat Pertanian dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Andreas Dwi Santosa mengungkapkan, harga bawang putih di China sedang mengalami kenaikan. 

“Di China harga sedang tinggi, Rp 8 ribu per kg. Masuk ke Indonesia bisa sampai 10 ribu dan di pengecer bisa Rp 20 ribu per kg,” ungkap Dwi. 

Berita Terkait : Jaga Harga Pangan Jelang Puasa, Dewan Minta Dilibatkan

Dwi menilai, Indonesia tengah mengalami masa kritis pasokan bawang putih. Karena, impor bawang putih impor membutuhkan waktu satu bulan. 

Berdasarkan situs Informasi Pangan Jakarta, harga bawang putih di pasar Jakarta dan sekitarnya mulai dari harga terendah Rp 30 ribu per kg dan tertinggi Rp 60 ribu per kg. Sementara harga rata-rata Rp 43 ribu per kg. [NOV]

RM Video