Paris Air Show 2019

Airbus Luncurkan Pesawat Lorong-Tunggal Dengan Jarak Tempuh Terjauh

Ilustrasi pesawat Airbus A321XLR (Foto: Maverick)
Klik untuk perbesar
Ilustrasi pesawat Airbus A321XLR (Foto: Maverick)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Airbus meluncurkan A321XLR untuk melengkapi keluarga pesawat terlaris A321neo, menyusul tanggapan positif dari pasar.

A321XLR menjawab kebutuhan pasar terhadap jarak tempuh yang lebih jauh, serta memberikan nilai lebih bagi maskapai dengan memangkas penggunaan bahan bakar sebesar 30 persen per kursi, dari pesawat kompetitor generasi sebelumnya.

Baca Juga : Ini Permintaan Maaf Sandi Sute Pada Persija

Mulai tahun 2023, pesawat ini akan menghadirkan jarak tempuh terjauh yang pernah ada,  4.700 nm. Jarak tempuh yang 15 persen lebih jauh dibanding varian A321LR, tetap menawarkan tingkat efisiensi bahan bakar yang sama.

Dengan demikian, penambahan jarak tempuh ini akan memungkinkan maskapai untuk mengoperasikan pesawat lorong-tunggal yang berbiaya lebih rendah di rute-rute yang lebih panjang dan belum banyak diminati. Sebelumnya, rute sejenis ini hanya dilayani oleh pesawat lorong-ganda yang lebih besar dan kurang efisien.

Baca Juga : Cegah Pnyebaran Virus Corona, MRT Sediakan Hand Sanitizer di Tiap Stasiun

Dengan kemampuan yang ditawarkan A321XLR ini, maskapai dapat membuka rute global baru, seperti dari India ke Eropa atau dari China ke Australia. Varian baru ini juga memperluas jangkauan keluarga A321neo, untuk menerbangi rute transatlantik tanpa henti antara benua Eropa dan Amerika.

Bagi para penumpang, kabin Airspace baru A321XLR akan menghadirkan pengalaman perjalanan terbaik, melalui kursi di segala kelas yang menawarkan kenyamanan sepadan dengan pesawat lorong-ganda jarak-jauh.

Baca Juga : Dua WNI Kena Corona, Muhadjir Minta Masyarakat Tidak Panik

Pesawat A321XLR telah dirancang semirip mungkin dengan pesawat A321LR dan anggota keluarga A320neo lainnya, demi mempermudah transisi operasional. Namun, A321XLR juga menghadirkan sejumlah perubahan kecil yang dibutuhkan untuk meningkatkan jarak tempuh varian ini, dengan kapasitas angkut dan keuntungan lebih. [HES]