RMco.id  Rakyat Merdeka - Warga Rusia di Tanah Air tengah berbahagia. Jumat malam lalu mereka berkumpul bersama sahabat dan keluarga untuk memperingati Hari Adopsi Deklarasi Kedaulatan Negara Federasi Rusia sejak 1992.

Peringatan Hari Nasional itu tepatnya berlangsung 12 Juni digelar Kedutaan Besar Rusia di Jakarta, Jumat malam (28/6).

Perayaan dihadiri ratusan tamu. Berbagai penampilan musik dari kelompok paduan suara Indonesia maupun Rusia menghibur para tamu.

Suasana jadi semarak ketika Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmilla Vorobieve, mengumumkan, akan menggelar kompetisi bagi pemuda Indonesia.

Baca Juga : Luhut Warning Produsen Jangan Mainkan Harga Obat Covid-19

Nama kompetisinya “What I know About Russia ?” Hadiahnya: satu orang pemenang terpilih akan mendapatkan tiket gratis ke Moskow. Sontak pengumuman itu mendapat sambutan meriah tepuk dari para undangan. Info lebih lanjut dapat diikuti di situs web Kedubes Rusia di Jakarta.

Lebih lanjut, Vorobieva menambahkan, Rusia dan Indonesia akan merayakan hubungan diplomatik ke-70 tahun pada Februari 2020. Dia melihat hubungan kedua negara semakin kuat, lebih dekat dan semakin beragam.

“Saya mengundang Anda semua untuk bersama-sama berpartisipasi pada hari itu. Saya juga optimistis Rusia dapat bekerjasama dengan Indonesia, dalam kerangka mengimplementasikan visi Indonesia 2045 yang diinisiasi Presiden Joko Widodo,” imbuhnya.

Vorobieva kemudian menggambarkan eratnya hubungan kedua negara yang adem ayem di tengah gejolak dunia lewat pantun karya penulis Sutan Takdir Alisjahbana, dalam bahasa Indonesia.

Baca Juga : Menag Malaysia Kena Corona, PM Muhyiddin Karantina 14 Hari

“Kalah dan menang, menang dan kalah, demikian berputaran roda sejarah. Tetapi, di tengah kerawanan politik sedunia, persahabatan antara Indonesia dan Rusia menang selalu, demi kepentingan kedua negara dan bangsa,” tutur Dubes di Hotel Raffles, Jakarta, Jumat (28/6) malam.

Pada kesempatan yang sama Duta Besar Rusia untuk ASEAN, Alexander Ivanov, bahkan mengajak para tamu menyanyikan lagu “Rayuan Pulau Kepala”. Menurut Ivanov, lagu tersebut sangatlah terkenal di kalangan masyarakat Rusia.

Mewakili Pemerintah Indonesia, Menteri koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, mengucapkan selamat Hari Nasional untuk Rusia. Darmin juga berharap, kedua negara terus memperkuat kerja sama.

“Federasi Rusia adalah mitra penting dan strategis Republik Indonesia. Selama hampir 70 tahun, Indonesia dan Rusia telah mempertahankan tidak hanya ikatan persahabatan dan kerjasama yang erat, tetapi juga ikatan sejarah. Selamat Hari Nasional Federasi Rusia ke-27,” kata Menko Darmin.

Baca Juga : Tim Esports Binus University Raih Piala Menpora Esports 2020 AXIS

Perayaan Hari Nasional Rusia di Jakarta, juga dimeriahkan dengan penampilan kelompok paduan suara dari gereja Koptik yang diboyong langsung dari Rusia. Penampilan enam pemuda gereja itupun menambah semakin semaraknya perayaan yang dirangkaikan dengan jamuan makan malam itu.

Berbagai sajian khas Indonesia dan Rusia, juga memuaskan lidah para tetamu undangan.

Sejumlah foto mengenai Rusia bahkan pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan Presiden Vladimir Putin di Moskow pada 2016 juga dipamerkan. Turut hadir dalam acara ini antara lain: Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fadli Zon, Menteri Keluatan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. [MEL]