Dubes Venezuela, Pengen Cepat Akrab Dengan ASEAN

Klik untuk perbesar
Dubes Radames Jesus Gomez Azuaje (kiri) menyerahkan bingkisan kepada Sekjen ASEAN Dato Lim Jock Hoi di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta, Rabu (17/7). (Foto : Diananda R/ RM).

RMco.id  Rakyat Merdeka - Senyum lebar tersungging di wajah Radames Jesus Gomez Azuaje. Necis dengan jas donker berwarna gelap, Duta Besar Venezuela untuk Indonesia ini menyambut tugas baru yang diberikan negaranya.

Mulai Rabu (17/7), Dubes Gomez resmi menjadi perwakilan pertama Venezuela untuk organisasi negara-negara di Asia Tenggara, ASEAN.

“Ini hari bersejarah. Saya dipercaya menjadi wakil Venezuela untuk ASEAN,” ujar Dubes Gomez saat bertemu Sekretaris Jenderal ASEAN Dato Lim Jock Hoi di gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta, Rabu (17/7).

Baca Juga : I Gede Siman Targetkan Emas dan Pertajam Rekor SEA Games 2019

Senyum lebar terukir jelas saat Dubes Gomez menyerahkan surat keepercayaannya kepada Sekjen ASEAN Dato Lim.

“Kami sangat beruntung bisa memulai kerja sama dengan organisasi di Asia Tenggara.

Banyak potensi yang bisa dilaksanakan segera. Saya sudah punya beberapa hal di pikiran saya,” kata Dubes yang juga baru menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Jokowi, Februari lalu.

Baca Juga : Ledakan Monas Ternyata Berasal Dari Granat Asap, 2 Anggota TNI Terluka

“Potensi pariwisata dan budaya sangat mudah digarap karena Venezuela memiliki keunikan seperti negara-negara di Asia Tenggara. Saya yakin kita akan cepat akrab,” katanya.

Kepada Dato Lim, Dubes Gomez membeberkan potensi negara asalnya. Dengan penuh semangat, Gomez menceritakan kualitas sumber daya manusia dan sumber daya alam yang bisa dieksplor dari Venezuela.

“Kami juga dengan senang hati belajar banyak kepada negara ASEAN untuk mengembangkan ekonomi kewirausahawan,” lanjutnya.

Baca Juga : Kasus Suap Proyek Jalan, KPK Garap 9 Eks Anggota DPRD Muara Enim

Dato Lim memberi selamat kepada Gomez. “Kami juga senang Venezuela mau menandatangani perjanjian persahabatan dan kerja sama dengan Asia Tenggara.

Saya tidak sabar mengeksplor potensi kita,” ujar Dato Lim. Di akhir pertemuan, Dubes Gomez memberikan bingkisan sebagai hadiah perkenalan kepada Dato Lim berupa kerajinan seni Venezuela yang dibungkus di dalam kotak. [DAY