Sebelumnya 
Tiga ribu perusahaan termasuk industri Toyota dan Sumitomo Corp ikut kampanye ini dan berjanji akan melakukan penyesuaian jam kerja. Penyesuaian jam kerja ini bukan hal aneh bagi dunia kerja Jepang. Pemerintah Negeri Sakura sebelumnya mendkrong pekerja dan perusahaan untuk memberikan keringanan bagi pegawai yang memiliki anak kecil atau  lansia di rumah.

Memiliki jam kerja fleksibel diharapkan memberi pekerja waktu lebih untuk keluarga dan bekerja lebih efisien. Pejabat Kementerian Dalam Negeri Jepang Kanako Nakayama mengatakan akan ada kendala saat melakukan penyesuaian jam kerja, terutama dengan promosi bekerja jarak jauh selama olimpiade.

Berita Terkait : Mitsubishi Pamer Tampikan Eclipse Cross Yang Didesain Ulang

"Ada kekhawatiran mengenai keamanan informasi yang dikirim dan budaya kerja kita terbiasa melakukan tatap muka untuk membahas hal sensitif di tempat kerja," jelas Nakayama.

Namun, pihak penyelenggara kampanye "Telework Day" berpendapat pekerja akan lebih maksimal mrnjalankan tugas jika terhindar dari masalah macet, desak-desakan dan keramaian menuju tempat kerja.
Hal ini dibuktikan oleh Yoshie Midorikawa. Dia mulai bekerja dengan laptopnya dan ponselnya usai menganjarkan putrinya di tempat penitipan anak. Dia mengabarkan koleganya kalau dia sudah siap bekerja dengan aplikasi komunikask via ponsel dan seluruh pekerjaan dilakukan Midorikawa dengan laptopnya.

Baca Juga : Gaet Belanda, Menteri Teten Janjikan Koperasi Petani dan Nelayan Lebih Modern

"Saya bisa bekerja lebih efektif karena saya bisa menghubungi klien lewat ponsel di ruang rumah yang tenang. Bukan di tengah perjalanan atau ruangan kantor yang berisik," lanjutnya. Olimpiade Tokyo 2020 diharapkan memeperkenalkan budaya "bekerja yang aktif dan bebas stress" teramg rprofesor Teknik dk Chuo University Azuma Taguchi.

Sejumlah kota lain di Jepang sudah dipromosikan budaya bekerja jarak jauh. Shirahama, barat Jepang, pekerja memiliki dua kantor. Satu kantor pusat, dan satu lagi kantor semu, dimana mereka bisa bekerja dengan tenang selagi menghindari kemacetan dan kepadatan kereta. Produktivitas kota ini dicatat naik dan pemasukan pajak dari perusahaan di Shirahama mengalami kenakkan dengan perubahan lingkungan kerja yang lebih fleksibel. [DAY]